Warga Lumajang Demo Tuntut Penambangan Pasir Dibuka Kembali

799 views

13 Demo agar Tambang dibukaSemerusatu.com: Ratusan Pasrujambe yang merupakan penambang tradisional menggelar aksi demo di tiga tempat, yakni Gedung DPRD, Perhutani, Pemkab Lumajang, Jawa Timur. Dalam aksinya mereka meminta pertambangan rakyat bisa di buka kembali.

“Kami disini datang bersama warga yang merupakan pekerja penambang tradisioanal meminta untuk dibuka kembali aktivitas penambangan, karena sekarang banyak warga kami sudah tidak bekerja lagi,” kata Abdul Karim salah satu warga yang ikut dalam aksi ujuk rasa, Jumat (13/11/2015).

Sementara ratusan warga lainnya menunggu luar Gedung DPRD. Sekitar puluhan perwakilan dari warga di terima di ruang Paripurna DPRD Lumajang dan warga langsung di temui oleh Ketua DPRD Lumajang, H. Agus Wicaksono, Wakil DPRD Lumajang, Kapolres Lumajang dan sejumlah anggota DPRD.

Dalam dialog dengan ketua DPRD, warga meminta penambangan pasir segera di buka, karena tidak ada penambangan mereka tidak bisa bekerja.

Kepala Desa Pasrujambe, Haryono mengatakan, kedatanganya bersama warga tidak adanya penambangan selama satu bulan lebih di tutup mereka kelaparan tidak bekerja, “Karena masyarakat disini ketergatungan pada pekerjaan menambang,”ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Lumajang H. Agus Wicaksono mengatakan, pihaknya akan mencari solusi yang terbaik demi warga Pasrujambe. ” Kami akan melakukan sosulasi dengan pertemuan dengan Bupati Lumajang, Perhutani, DPRD, dan para wakil penambang,” katanya.

Setelah menggelar aksi Demo di Gedung DPRD Lumajang ratusan warga dengan menumpang  puluhan truk dan sepeda motor  kemudian menggelar aksi di kantor  Perhutani Lumajang dan kantor Bupati Lumajang.

Sementara itu, Rakhmanto ADM Perhutani KPH Probolinggo mengatakan, karena untuk memberi ijin pertambangan di kawasan perhutani bukan kewenangan perhutani harus mendapatkan ijin dari dari Kementrian Perhutani. “Kami harus langsung melakukan pertemuan dengan forkopinda untuk mencari Solusi. (hpl/eru)

Foto: Aksi demo tuntutan agar penambangan pasir dibuka kembali

Category: Headline, Indeks Berita, Jatim