Pasca Tambang Tumpangpitu, Kapolda Jatim: Polisi Jalankan Prosedurnya

264 views

27 KapoldaSemerusatu.com: Kapolda Jatim Irjen Anton Setiadji menegaskan, terkait konflik tambang emas di Tumpangpitu, Banyuwangi, polisi hanya melakukan pengamanan saja. Jika ada massa yang nekat melakukan anarkis tetap ditindak tegas. Apa yang dilakukan anggota di lapangan sudah prosedural.

“ Apapun yang dilakukan massa jika melakukan anarkis, ya tetap dilakukan tindakan tegas,” kata Jenderal polisi berbintang dua itu, Jumat (27/11/2015) sembari menambahkan, sekali lagi, kehadiran polisi di sana hanya melakukan pengamanan saja atau kamtibmas. Sedang masalah perijinan, itu bukan urusan polisi.

“ Ya tanyakan saja kalau mengenai perijinan boleh tidaknya  perusahaan itu menguasai lokasi penambang  di Tumpangpitu. Jika mengganggu lingkungan ya  tanyakan kepada yang berkopeten sesuai yang membidanganinya. Bahkan, masalah tambang juga sudah dikomunikasi dengan Gubernur Jatim Soekarwo. Dan kasus itu sebelumnya sudah dilakukan mediasi antara penambang dengan pihak perusahaan,”  ujar Kapolda.

Untuk itulah, lanjut Kapolda, persoalan tambang emas di Tumpangpitu sudah dilakukan musyawarah, duduk bersama untuk membahas apa yang sedang dipersoalkan. Namun demikian, kini kondisi di sana sudah kondusif. (eru)

Foto: Kapolda Jatim

 

 

Category: Headline, Indeks Berita, Jatim