Siagakan Sniper dan “All Out” Pengamanan Rekapitulasi Penghitungan Suara Hasil Pilkada 2015

546 views

17 jember penghitunganSemerusatu.com: Dalam rangka rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten yang dilaksanakan KPUD Situbondo bertempat di gedung Januraga, Kapolres Situbondo AKBP Puji Hendro Wibowo, SH. SIK menyiagakan tim sniper untuk antisipasi kerawanan dan ancaman dari pihak yang berusaha menggagalkan proses rekapitulasi.

Pengamanan jalannya rapat pleno terbuka ini, penempatan tim sniper ini dilakukan untuk menjamin keamanan pada saat rapat pleno berlangsung. Namun penindakan akan dilakukan hanya apabila terjadi rusuh massa saja sesuai dengan Standing Operasional Prosedur (SOP). Sedangkan untuk pengamanan tetap mengedepankan upaya preventif terhadap kemungkinan adanya unjuk rasa dari massa pendukung atau simpatisan pasangan calon Bupati.

Sementara itu, tak mau kecolongan di menit menit akhir masa pentahapan Pemilukada Kabupaten Jember, Polres Jember benar benar ” all out ” melakukan pengamanan kegiatan Rapat Pleno Perhitungan Suara Tingkat KPU,  yang digelar di Hall Room Hotel Panorama Kecamatan Kaliwates, Jember, Kamis (17/12/2015).

Sejak pukul 06.00 pagi, ratusan aparat personil sudah bersiap siaga di lokasi kegiatan. Kabagops Polres Jember Kompol Kusen Hidayat menyatakan, pihaknya akan menerjunkan sekitar 402 Personil dari Polres Jember dan Polsek Jajaran berikut penambahan kekuatan 1 SSK pasukan dari Sat Brimob Polda Jatim.

17 sniper situbondo” Teknis pengamanan pentahapan rekapitulasi perhitungan suara tingkat KPU, personil kami ploting mulai kegiatan pamwal pemberangkatan Komisoner KPU maupun stafnya mulai dari kantor sampai ke Hotel Panorama,” kata Kompol Kusen Hidayat.

Selain itu, juga dilakukan pengamanan kedua pasangan calon dari titik keberangkatan masing-masing, sementara di area lokasi kegiatan dilaksanakan pengamanan berlapis, baik pam terbuka atau tertutup, ring 1 akan fokus pengamanan di hotel panorama, ring 2 akan diploting personil yang mengamankan sekitar hotel, ring 3 akan disebar personil di jalan area hotel panorama, ring 4 adalah pengamanan akses menuju pusat rapat pleno KPU.

Saat memimpin ppel pasukan, Kapolres Jember AKBP. M. Sabilul Alif, SH, SIK, MSi menegaskan, keinginannya agar pengamanan berjalan maksimal sesuai dengan penempatan ring ring yang sudah diploting. ” Saya tekankan untuk tidak membuat kesalahan, anggota harus bisa bersikap humanis dalam pengamanan ini, ” ujar Kapolres Jember. (stb/jbr/eru)

 

Category: Headline, Indeks Berita, Polres