Pengusaha Solar Fiktif, Pasutri Dijebloskan Tahanan

270 views

16 pemasok solarSemerusatu.com: Berpura- pura menjadi pemasok solar, suami istri (pasutri) dikeler unit Resmob Polrestabes Surabaya. Korban Joko Budianto (39) warga Jalan Kapas Baru Surabaya melaporkan pasangan suami istri ANT dan TGH warga Kecamatan Mragen, Kabupaten Demak.

Awalnya korban yang berprofesi sebagai ABK Kapal kenal dengan Eko dan ingin memesan solar sebanyak 10 ton, kemudian Eko mengenalkan korban kepada tersangka ANT. Lalu, Joko memesan solar melalui telephone.

Tersangkapun menyanggupinya dengan syarat awal segera mentransferkan uang Rp 49 juta ke rekening tersangka. Korbanpun menyanggupinya dan mentransfer sejumlah uang yang telah diminta oleh tersangka tersebut, tanggal 11 Januari 2016.

Usai uang diterima terdangka, solar pesanan tidak kunjung dikirim kepada pemesannya. Namun uang yang sudah diterima oleh tersangka justru dibelikan mobil, karena tersangka jual beli mobil bekas.

“Setelah ditranfer oleh pak Joko dari Bangkalan, uangnya saya belikan buah mobil yang niat saya untuk saya jual kembali.” aku tersangka Ant kepada penyidik.

Tersangka Ant ini untuk melancarkan aksi kejahatanya melakukan pemalsuan dokumen identitas (KTP) yang dibantu oleh suaminya TGH, dengan maksud setelah korban berhasil ditipu, kedua tersangka tidak dapat terlacak keberadaanya.

Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Lily Djafar menjelaskan, barang bukti yang diamankan dari kedua tersangka diantaranya 5 KTP palsu, buku tabungan Bank BRI, STNK mobil, STNK sepeda motor, 6 Kartu ATM bank Mandiri, 2 Kartu ATM Bank BNI, 1 Buah Kartu Bank BRI, 9 HP Merk Samsung, 2 HP merk nokia, HP merk Advan, HP merk Blackberry, HP merk Cross dan uang tunai Rp 16.100.000.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 378 KUHP dan atu 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (eru)

 

Category: Headline, Indeks Berita, Polres