Polres Jombang Razia Anak Jalanan

269 views

26 preman jombangSemerusatu.com: Sebanyak 10 anak jalanan (anjal) diamankan anggora Satuan Sabhara Polres Jombang. Mereka terjaring razia yang digelar untuk menjaga ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

Razia tersebut sengaja digelar untuk mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas yang dilakukan anak-anak jalanan. Selanjutnya, mereka langsung digelandang ke Mapolres untuk dilakukan pendataan dan pembinaan.

Sebelumnya, petugas mendapatkan keluhan masyarakat karena semakin maraknya anak-anak jalanan yang berkeliaran dan meminta-minta uang di jalan raya. Mendapat keluhan tersebut, polisi menindaklanjutinya dengan menggelar razia. Dengan mengendarai mobil patroli, petugas menyisir beberapa lokasi yang memang kerapkali dijadikan tempat mangkal para anak jalanan.

“Ini merupakan kegiatan rutin sekaligus untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat karena maraknya anak-anak jalanan,” ujar AKP Mahyudi, Kasat Sabhara dengan didampingi Kasubbag Humas Polres Jombang, Ipda Dwi Retno Suharti, Selasa (26/1/2016).

Hasilnya, petugas mendapati sepuluh anjal yang tengah nongkrong di pinggir jalan. Mereka diamankan dari tiga lokasi, yakni kawasan pertigaan Ceweng, kawasan terminal lama dan Ngrandu. Selain amankan, petugas juga memeriksa barang bawaan mereka, apakah membawa benda-benda yang berbahaya atau senjata tajam.  Usai menggeledah, petugas tak temukan sasaran.

Selanjutnya, para anak jalanan tersebut langsung digelandang ke Mapolres untuk didata dan diberikan pembinaan. Selain itu, para anak jalanan tersebut disuruh membuat surat pernyataan agar tak melakukan perbuatan yang melanggar hukum maupun mengganggu ketertiban masyarakat. “Razia ini sebagai antisipasi timbulnya tindak kejahatan yang dilakukan anak jalanan,” tandas Mahyudi. (jmb/eru)

Foto: Polres Jombang razia anak jalanan

Category: Headline, Indeks Berita, Polres