“Antara Kuliah dan Jadi Duta Humas Polda Jatim”

909 views

29 4Semerusatu.com: Kini mulai terkenal kedua Duta Humas Polda Jatim,  Intan Pambudi (20) mahasiswi semester 4 Fakultas Hukum Ubaya dan Mentari Dharmaning Pertiwi (23) mahasiswi semester akhir Fakultas Management UPN.

“Ya memang di kampus maupun di lingkungan sekitar rumah termasuk teman  teman sudah mengetahui kalau saya direkrut menjadi Duta Humas Polda Jatim. Bahkan orang tua saya dan pihak kampus juga mendukung aktivitas saya sebagai Duta Humas Polda Jatim,”  kata srikandi serikan Duta Humas itu, Jumat (29/1/2016).

Selain itu, sebelumnya, kedua wanita berparas cantik itu belum pernah mengikuti kegiatan serupa. Ini kali pertama kedua mahasiswi itu dipercaya menjadi jubir (juru bicara) Humas Polda Jatim. Tentunya tidak semua informasi dari Humas Polda Jatim bisa diinformasikan kepada publik.

‘ Ya jelasnya ada batasan batasan. Paling diantaranya yang bisa diinfomrasikan kepada publik pendaftaran masuk Polri mengenai persyarakat pesyaratan misalnya yang harus dipenuhi oleh pendaftar menjadi calon Polri,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes RP Argo Yuwono didampingi Kasubbid Penmas AKBP Eddwi Kurniyanto.

Disinggung mengenai kegiatan menjadi Duta Humas dan  kuliah, pastinya sudah terpikirkan jauh jauh hari. “ Memang saya sudah memikirkan sebelumnya. Yang jelas saya bisa membagi waktu. Karena aktivitas menjadi Duta Humas tida setiap hari ada keegiatan di Polda Jatim,” kata kedua Duta Humas itu.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, bahwa sejak 27 Januari 2016, Humas Polda Jatim memiliki “Duta Humas”. Dua wanita berparas cantik cantik itu bertugas sekedar untuk memberi informasi kepada masyarakat. Tentunya tidak semua informasi yang ada di kepolisian bisa disosialisasikan. Ada batasan batasan yang bisa dan tidak bisa diinformasikan kepada publik.

Salah satu contoh, yang bisa diinformasikan oleh Duta Humas Polda Jatim kepada publik seperti penerimaan calon Polri seperti apa saja syarat pendaftaran masuk polisi. “Hal seperti inilah yang harus disosialisasikan oleh Duta Humas kepada masyarakat dan di sekolah sekolah, pondok pesantren, bahkan sampai ke perguruan tinggi,” kata Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Jatim, AKBP Eddwi Kurniyanto.

Tentunya, lanjut Eddwi, perekrutan Duta Humas tidak sembarangan. Selain memiliki pengetahuan luas, etika berkomunikasi baik dan bisa memahami apa yang sedang dijalankan atau diberi mandat atau tugas, yang sesuai dengan julukannya, yakni sebagai Duta Humas. Meski Duta Humas yang dimiliki Polda Jatim harus belajar banyak tentang institusi di kepolisian.

Selain itu, Duta Humas juga harus mengetahui lokasi atau kantor Satker (satuan kerja) yang ada di lingkungan Mapolda Jatim. Seperti Satker Ditreskrimum, Ditreskrimsus, Ditnarkoba, Ditintelkam, Ditlantas, Sekretaris Umum (Setum) dan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), tempat pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) termasuk Gedung Mahameru dan Gedung Rupatama plus ruang kerja Kapolda Jatim dan Waka Polda Jatim.

Lokasi lokasi Satker itu perlu diketahui oleh Duta Humas, tujuannya kalau kalau ada masyarakat yang bertanya. Tentunya hal ini pengalaman baru bagi person Duta Humas. Perlu diketahui, fungsi sekaligus tugas humas sebagai “bank data” atau bisa juga pusat informasi. Untuk itulah, humas bisa dikatakan sebagai jubir (juru bicara) pimpinan terdepan untuk menyampaikan berbagai informasi.

Wajar, jika pimpinan humas memiliki wawasan luas, termasuk Duta Humas yang baru direkrut ini harus banyak belajar. Untuk bisa memiliki wawasan luas, terlebih dahulu diberi pelatihan terkait sedikit banyak tentang kepolisian.

Sementara identitas kedua wanita berparas cantik berkulit kuning yang terpilih menjadi (eru)

Foto: Kabid Humas Polda Jatim, Kombes RP Argo Yuwono serta AKBP Eddwi Kurniyanto diapit oleh Duta Humas Polda Jatim

Category: Headline, Indeks Berita, Polda