Polisi Amankan 186 Kayu Jati Ilegal

261 views

18 amankan jati jombangSemerusatu.com: Polsek Kabuh Polres Jombang amankan 186 papan kayu jati olahan berbagai bentuk yang diduga kuat ilegal, karena tak dilengkapi surat-surat yang sah. Selain itu, polisi juga mengamankan Sunarko (50), warga Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh yang mengangkut kayu-kayu tersebut dengan mengendarai truk. Selanjutnya, Sunarko beserta barang bukti langsung digelandang ke Mapolsek untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Awalnya, beberapa anggota Polsek beserta anggota Polhut (polisi hutan) setempat lakukan patroli rutin. Patroli ini untuk mengantisipasi adanya penjarahan kayu hutan. Semula, patroli berjalan lancar dan tak mendapati sasaran. Namun saat melintas di Jl Raya Dusun Pasir, Desa Tanjungwadung, Kecamatan Kabuh, petugas truk S 8874 W yang tengah memuat kayu jati yang telah diolah. Mendapati hal tersebut, timbul kecurigaan petugas.

Tak mau kecolongan, polisi putuskan untuk hentikan truk tersebut dan lakukan pemeriksaan. Saat itulah, Sunarko yang mengemudikan truk tersebut seketika tak bisa berkutik ketika ditanya dokumen kayu yang tengah diangkutnya. “Yyang dibawa kayu jati ratusan batang yang telah diolah menjadi papan, dan dia tak bisa tunjukkan surat sah kayu,” kata AKP Matwi Alim, Kapolsek melalui Ipda Dwi Retno Suharti, Kasubbag Humas Polres Jombang, Kamis (18/2/2016).

Tak bisa menunjukkannya, Sunarko terpaksa diamankan petugas beserta kayu-kayu yang diangkut . Saat itu dia hanya bisa pasrah ketika petugas menggelandangnya ke Mapolsek setempat. Pengakuannya, kayu-kayu jati tersebut dibeli dari seseorang di Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan. (jbg/eru)

Category: Headline, Indeks Berita, Polres