Belum Bisa Dibocorkan, Kapolri Kantongi Identitas Pengganti Jabatan Waka Polri

107 views

Semerusatu.com: Waka Polri Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon kuat  Kepala BIN menggantikan Komjen (Purn) TNI Sutiyoso. Sementara pengganti jabatan Waka Polri yang masih dijabat oleh Komjen Budi Gunawan  masih menunggu pelantikan Budi Gunawan menjadi Kepala BIN.

2 Kapolda PJU 1Sementara Kapolri sudah mengantongi nama yang bakal menjabat sebagai Waka Polri untuk menggantikan posisi Komjen Budi Gunawan. Namun Kapolri masih enggan mengekspos ke media. “ Ya sabar dulu lah, nanti pasti kami umumkan siapa yang bakal menjabat sebagai Waka Polri, setelah Komjen Budi Gunawan dilantik menjadi Kepala BIN,” kata Kapolri didampingi Kapolda Jawa Timur Irjen Anton Setiadji saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Polda Jawa Timur, Jumat (2/9/2016) siang.

Sebegaimana diketahui, Kapolri Jendral Tito Karnavian menyetujui penunjukkan Komjen Budi Gunawan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN). Penunjukan itu karena  prestasi dan pengalamannnya selama di Kepolisian dianggap mampu menjadikan BIN lebih baik.

Kapolri membenarkan, perihal informasi Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala BIN. Surat dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Pimpinan DPR RI juga telah sudah dilayangkan. Isinya, Presiden Joko Widodo mengusulkan nama Komjen Budi Gunawan menggantikan Sutiyoso.

Atas pencalonan ini, Kapolri mendukung  sepenuhnya pencaloan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala BIN oleh Presiden Jokowi. Komjen Tito Karnavian meyakini usulan nama Budi Gunawan sebagai calon Kepala BIN telah melalui pertimbangan kecakapannya selama berkarier di Kepolisian. Prestasi dan pengalamannya selama di kepolisain dianggap mampu mejadi Kepala BIN lebih baik di bawah Kepemimpinannya?

“ Ya kami mendengar surat itu sudah dikirimkan dari istana ke DPR RI hari ini, Jumat (2/9/2016). Tentunya reaksi dan respon dari kami Polri sangat mendukung, karena beliau juga sangat kapabel dan berpengalaman dibidang intelejen,” ujar Kapolri.

Komjen Pol Budi Gunawan  diperkirakan tak bakal sulit memimpin dan berkoordinasi dengan jajaran posisi penting lainnya di BIN. Diketahui cukup banyak diisi oleh mantan pejabat dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Apalagi Kepala BIN dari kepolisian ini bukan kali pertama. Sebelumnya, mantan Kapolri Sutanto juga menjadi Kepala Lembaga Intelijen Negara. (eru)

 

Category: Hankam, Headline, Indeks Berita, Mabes Polri