Komjen Pol Budi Gunawan Calon Tunggal Kepala BIN

140 views

Semerusatu.com: Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, resmi mengusulkan Waka Polri, Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

4 Budi-Gunawan-Surat pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kepala BIN telah dilayangkan pihak Istana kepada Dewan Perwakilan Rakyat RI pada Jumat (2/9/2016) lalu, diantarkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dengan demikian, menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, pengangkatan Komjen Pol Budi Gunawan tinggal menunggu persetujuan DPR. “Mudah-mudahan di dalam proses fit and proper test di DPR tidak ada permasalahan,” kata Pramono Anung sebagaimana dilansir situs resmi Setkab.

Di DPR sendiri, pembahasan usulan Komjen Budi Gunawan sebagai Kepala BIN rencananya akan dilakukan mulai awal pekan depan.

Jika berhasil menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala BIN, Komjen Budi Gunawan akan menjadi orang kedua berlatarbelakang Kepolisian yang menjadi Kepala BIN setelah Jenderal Pol (Purn) Sutanto.

Mantan Kapolri ini menjabat Kepala BIN pada 2009-2011, pada masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (eru/tbn)

foto: Komjen Pol Budi Gunawan

 

Category: Forum, Headline, Indeks Berita