Gadaikan Emas Palsu, Penipu Ulung Itu Tertangkap

76 views

Semerusatu.com: Pria berinisial DH (49) tinggal di Komplek Ciputat Indah, Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, Lampung, menggadaikan emas palsu di empat Unit Pengelola Cabang Pegadaian di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Selain di Jember, pelaku juga beraksi di Situbondo, Banyuwangi, Jakarta, dan Lampung.

0 a a a aBorgol13Aksi kejahatan dilakukan sejak Agustus 2016 dan menghasilkan keuntungan puluhan juta rupiah. Aksi DH terhenti setelah polisi menangkapnya, di Kecamatan Jenggawah, Jumat (7/10/2016), yang sampai sekarang, Sabtu (8/7/2016) ditahan.

Kanit Reskrim Polsek  Jenggawah, Polres Jember, AKP Akhmad Rinto mengatakan, tersangka beraksi di luar wilayah Jember. “Kami akan kembangkan kasus ini. Kami sudah sita emas palsu 10 gram sebagai barang bukti,” katanya.

DH beraksi dengan memakai nama palsu Nur Widiyanto. Dia dibekuk saat hendak menggadaikan cincin emas 10 gram. Petugas UPC Pegadaian Jenggawah Amin menguji keaslian emas itu dan menduga bahwa itu hanyalah perak yang berlapis emas di bagian luar saja.

Amin pun bermaksud menjebaknya. Dia sepakat menerima cincin tersebut dan meminjamkan Rp 4 juta kepada DH. Saat DH sedang menanti pencairan uang itu, Amin menghubungi polisi. DH dibekuk.

DH mengaku sudah menggadaikan 12,15 gram cincin emas palsu di UPC Wuluhan senilai Rp 5 juta, cincin seberat 9,3 gram di UPC Balung senilai Rp 2,9 juta, cincin seberat 10 gram di UPC Jenggawah senilai Rp 5,5 juta, dan cincin seberat 11,6 gram di UPB Rambipuji senilai Rp 4,13 juta.

HD bisa lolos dari kecurigaan karena setiap kali ditanya kepemilikan kartu tanda penduduk selalu mengaku lupa bawa. “Saya membuat semua cincin itu di Jakarta. Saya beli perak kemudian dilapisi emas yang saya beli batangan,” katanya. (eru)

 

Category: Headline, Indeks Berita, Polres