Kapolri: Polri Beri Jaminan Keamanan Kepada Masyarakat

61 views

Semerusatu.com: Kepolisian Republik Indonesia menggelar apel pasukan Operasi Mantap Praja 2017 dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah tahun 2017 mendatang. Apel pasukan dilakukan di Lapangan Monas Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2016).

12 sipDalam sambutannya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, sebagai pihak keamanan Polri memberikan jaminan keamanan kepada masyakat jelang Pilkada 15 Februari 2017.

Polisi membuat persiapan untuk memberikan keyakinan kepada publik sekaligus kepada masyarakat sekaligus semua stakeholder agar mari kita bersama sama mengamankan jalannya Pilkada ini.

Kita mulai mendekati tahapan-tahapan, ini mulai dari kampanye biasanya mulai meningkat suhunya, kemudian distribusi suara kemudian juga pemungutan suara selanjutnya penghitungan suara sampai nanti penetapan pasangan calon, gugatan.

Sampai nanti pelantikan dan pasca-pelantikan itulah tahapan inti yang puncaknya di bulan Februari. Polri mengimbau kepada Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara pesta demokrasi harus netral atas jalannya kontestasi Pilkada nanti.

Untuk itu kita mengimbau kepada KPU sebagai penyelenggara betul-betul netral mampu menjalankan perannya mencanangkan dan mengeksekusi pelaksanaan pemilu sampai ke penjaringa lini terbawah.

Tidak hanya KPU, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) sebagai badan pengawas diminta untuk berperan aktif mengawasi jalannya demokrasi pada Pilkada ke depan. Diharapkan Bawaslu mampu menjadi pengawas atau wasit benar-benar netral dan dari atas sampai kebawah juga mereka bijak dan netral.

Kapolri juga mengharapkan kepada masing-masing pasangan calon kepala daerah untuk menjunjung tinggi kedewasaan dalam berdemokrasi agar menghormati siapapun pasangancalon yang terpilih.

Kita minta kepada pasangan calon mereka harus bisa menunjukkan kedewasaan berdemokrasi siap menang tapi harus siap juga untuk kalah. Tidak mungkin semua menang. Gunakan cara-cara sesuai dengan koridor hukum dan semua pihak tidak menghalalkan segala cara.

Iklim kompetisi sehat harus kita bangun jarena ini akan menjadi warisan bagi anak cucu kita dalam menjalankan praktek demokrasi. (eru/tbn)

 

 

Category: Indeks Berita, Indonesia, Mabes Polri