“Strategi Menjaga Citra Polri”

83 views

Semerusatu.com: Terkait giat Workshop Kehumasan Polri tahun 2016 di Jakarta, Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes RP Argo Yuwono diberikan kesempatan untuk memberi paparan dihadapan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan para Kabid Humas se Indonesia. Paparan yang disampaikan itu berthemakan  Strategi Menjaga Citra Polri”.

018 aSebelum memberi paparan, terlebih dahulu Kombes Argo-sapaan akrabnya terlebih dahulu mengingatkan kembali tentang program prioritas Kapolri tentang Manajemen Media, seperti pendekatan terhadap media mainstream (konvesional), pengelolaan sosial media, penggunaan intelijen media, mengangkat keberhasilan, menekan berita negatif, merespon cepat dan segera netralisir sentimen negatif dan mengelola trending topik.

Menyinggung tentang pelaksanaan strategi di bidang kehumasan Polri, seperti partnership dengan media massa

Dalam menyampaikan paparannya, Kombes Pol Argo lebih lanjut mengatakan, mengenai pendekatan kepada media mainstream, yakni melakukan pendekatan kepada pemilik dan manajemn media mainstream ini, baik pimpinan dan pemimpin redaksi, redaktasi, koordinasi liputan dan artawan.

Selain itu, perlunya melakukan pertemuan yang berkesinambungan melibatkan para pejabat utama Polda untuk membentuk komunikasi dua arah. Termasuk  melakukan silaturahmi dengan berbagai Kepala Biro media, wartawan dan Nitizen serta terus menerus merelease setiap keberhasilan Polri.

Di sisi lain, tentang peningkatan kapasitas SDM, perlu mengikutsertakan anggota Bid Humas  dalam kegiatan pelatihan. Termasuk perlunya membuka ruang komunikasi para seluruh elemen masyarakat, tujuannya untuk membuat media sosial dan membuat group WP (Wahatsapp).

Sebagaimana diketahui, dalam paparannya itu, Kabid Humas Polda Jawa Timur juga menyinggung tentang  pengelolaan media online dan media sosial group facebook yang menggunakan polisi.

Sementara total grup dan Fanpage Facebook yang digunakan Polda Jawa Timur tercatat 40 grup Facebook dan Fanpage, jika ditotal member secara keseluruhan  mencapai 600.000 member, ini selalu melihat jika media mempositng berita.

Hal itu tentunya secara otomatis berita yang terposting di Webside Tribratanewjatim.com dan halodunia.net langsung  menyebar ke media sosial Facebook, pinterest, twitter dengan menggunakan sistem autoposting robot, sehingga operator tidak kerja dua kali dalam memposting sebuah berita.

Demikian antara lain paparan Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol RP Argo Yuwono pada giat Workshop Kehumasan Polri, yang berlangsung  di Jakarta, 27 Oktober 2016. (eru)

 

Category: Forum, Headline, Indeks Berita