Kecepatan Kerja DVI Polri Diakui Dunia Internasional

57 views

Semerusatu.com: Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri dalam berbagai kesempatan diminta oleh negara anggota Interpol untuk membantu melakukan identifikasi jenazah tak dikenal (Black Notice) seperti pemintaan dari AFP Australia dalam insiden kebakaran hutan di Negara Bagian Victoria, Kepolisian Belanda dalam peristiwan jatuhnya pesawat Malaysia Airlines di Ukraina, Saudi Arabia pada kasus jatuhnya crone di Mekkah dan lain-lain.

9 bendra Interpol“Kecepatan kerja DVI Polri diakui oleh dunia internasional, termasuk FBI (Amerika Serikat), AFP (Australia) dan kepolisian negara lainnya,” kata Kabag Penum Ropenmas Div Humas Polri, Kombes Pol Martinus Sitompul, dalam siaran persnya, Selasa (8/11/2016).

Selain itu, Interpol Indonesia — melalui Divisi Hubungan Internasional Polri — telah melakukan sosialisasi Silver Notice ke lembaga terkait penegakan hukum dan anti korupsi seperti Kejaksaan Agung, Mahkamah Agung, Mabes Polri, KPK, PPATK, dan lain-lain, sejak tahun 2015.

Black Notice dan Silver Notice adalah beberapa mekanisme notifikasi organisasi Interpol untuk membantu memerangi kejahatan.

Adapun beberapa jenis Interpol Notices yakni;

  1. Red Notice: Permintaan mencari dan menangkap buronan intenaional untuk diekstradisi
  2. Blue Notice: Informasi oelaku kejahatan, termasuk lokasi atau kegiatan tyang berkaitan dengan kejahatan
  3. Green Notice: Peringatan dan intelije n kriminil tentang orang yang telah melakukan tindak pidana dan cenderung mengulangi kejatanah ini di negara lain
  4. Yellow Notice: Permintaan bantuan untuk mencari orang hilang
  5. Black Notice: Mengidentifikasi mayat tidak dikenal
  6. UN Special Notice: Mengidentifikasikelompok atau individu yang terkena sanksi PBB terkait terorisme temasuk kelompok Al Qaeda
  7. Orange Notice: Peringatan akan ancaman potensial
  8. Purple Notice: Informasi tentang modus operandi kejahatan
  9. Silver Notice: Informasi tentang pelacakan dan pemulihan aset yang diperoleh dari hasil tindak pidana.

Silver notice sendiri merupakan notifikasi Interpol terbaru yang diluncurkan pada tahun 2015. (eru/tbn)

 

Category: Forum, Headline, Indeks Berita