Polda Jawa Timur Bongkar Kasus Penipuan Online Bernilai Ratusan Juta Rupiah

50 views

Semerusatu.com: Ditreskrimsus Polda Jawa Timur berhasil mengungkap kasus dugaan tindak pidana penipuan secara Online, ini berdasar laporan Polisi Nomor : LPB/121/X/2016/SUS/JATIM, tanggal 4 Oktober 2016 melibatkan tersangka I alias DL alias GA, wanita berusia 41 tahun.

5 hengkyKasubbid Penmas Bid Humas Polda Jatim, AKBP Eko Hengky mengatakan, modus Operandi   tersangka I alias BL alias GA bertugas menelpon Ninik Hermawan dan mengatan barang dari Mr. Rashford Hayden telah sampai dan  harus membayar biaya administrasi Rp. 25 juta yang dikirim ke rekening Bank Mega atas nama Indriyana No Rek 010390020062667.

Selanjutnya tersangka menelepon kembali meminta uang Rp 50 juta yang dikirim ke rekening BNI atas nama Debby Larasati No. 0343626229. Alasannya untuk mengurus karena ada masalah di bandara, kemudian tersangka menelepon kembali Ninik untuk mengajak bertemu di hotel Ibis Arcadia Jakarta.

Setelah bertemu di hotel tersangka membawakan sebuah koper yang isinya uang dan kertas. Kemudian tersangka memberikan 2 lembar uang dolar dan mempraktekkan cara membersihkan uang dengan cairan mercury ditemani dengan Yani Triningsih. Lanjut meminta Ninik pulang. Setelah itu tersangka dan Ninik berkomunikasi melalui telepon dan berkata bahwa cairan mercury untuk membersihkan uang tersebut harus di inkubasi dan harus membayar total 150 juta yang dikirim ke rekening Bank BNI atas nama Grace Amelia Norek 1975121509 dan terakhir tersangka menelepon kembali Ninik Hermawan dan meminta uang sejumlah Rp 160 juta di kirim ke rekening Bank BNI atas nama Grace Amelia untuk membeli cairan mercury baru karena cairan mercury lama kualitasnya jelek.

Selain tersangka, polisi unit IV Cyber Crim, Ditreskrimsus Polda Jawa Timur yang dikomandani AKBP Festo juga menyita barang bukti dari tersangka I alias DL alias GA berupa 5 HP, 3 buku tabungan BNI atas nama  Grace Amelia beserta kartu ATM, buku tabungan BNI atas nama Debby Larasati, buku tabungan BII atas nama Grace Amelia,  buku tabungan Mandiri Syariah atas nama Grace Amelia, buku tabungan CIMB NIAGA atas nama Grace Amelia, kartu ATM Danamon dan lembar bukti transfer.

Sedang yang disita dari korban berupa

  1. 1 (satu) lembar rekening Koran BCA;
  2. 1 (satu) lembar bukti Transfer ke rek Bank BNI;
  3. 1 (satu) lembar bukti setor tunai ninik hermawan ke rek bank MEGA;
  4. 1 (satu) lembar bukti setor tunai WILMAN ke no rek bank MEGAa.n Grace Amelia;
  5. 1 (satu) bendel print out percakapan via facebook antara pelapor dengan akun facebook a.n RASHFORD HYDEN;
  6. 12 (dua belas) lembar print out pesan email dari indriyana2001@outlook.com;
  7. 5 (lima) lembar print out pesan email dari rashfordhayden67@outlook.com;
  8. 1 (satu) keeping CD berisi rekapan percakapan via telepon antara Sdri. Ninik Hermawan dengan Sdri. Indriyana alias Debby Larasati alias Grace Amelia.
  9. Akibat perbuatanya, pelaku dijerat pasal 28 ayat (1) Jo. Pasal 45 ayat (2) UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo. Pasal 378 KUHP.(eru)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Category: Headline, Indeks Berita, Polda