Tim Penjinak Bom Polda Jawa Timur Ledakan Bom Temuan di Sampang Madura

53 views

Semerusatu.com: Tim penjinak bom Gegana Sat Brimobda Polda Jawa Timur tiba di Mapolres Sampang. Tujuan untuk melakukan pengecekan temuan bom yang umurnya sudah puluhan tahun. Asal muasal dari bom ini belum dapat diketahui pasti karena sudah tersimpan di gudang logistik selama puluhan tahun.

8 bom sampang 1Karena umur bom sudah terbilang tua dan kondisinya sudah memburuk, Subbagsarpras Polres Sampang berniat untuk memusnahkannya dengan cara diledakkan dengan bantuan Tim Jibom Gegana.

Hal itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tim Jibom langsung melakukan pemeriksaan dan pendataan terhadap bom-bom tersebut. Dari pendataan Tim Jibom terdapat beberapa jenis bom sebagai berikut  Granat Ovensif 9 buah; Granat Fragmantasi (jenis nanas) 4 buah; Mortir (diameter 8cm, panjang 20 cm) tanpa sayap 3 buah; Amunisi Pelontar Siar M49 3 buah; Amunisi Remington Peters 10 buah dan Amunisi 38 Spesial 84 buah.

Personil Polres Sampang dan Tim Jibom bergerak dari Mapolres Sampang ke lokasi peledakan tepatnya di Lapangan Tembak Desa Dharma Camplong Kec.Camplong Kab.Sampang, Madura, Rabu (7/12/2016).

Setibanya dilokasi Tim Jibom segera menentukan lokasi teraman untuk dilakukan dari disposal (peledakan). Akhirnya sekitar pukul 10.00 WIB Tim Jibom menemukan tempat yang tepat dan segera dilakukan perakitan dengan menggunakan detonator.

Peledakan dilakukan dua kali antisipasi tebalnya casing mortir sehingga dikhawatirkan tidak meledak. Setelah perakitan selesai, Tim Jibom menjauhi lokasi peledakan dan mengulur kabel detonator sejauh kurang lebih 200 meter.

Dipimpin oleh IPTU Girindra, seluruh personil Polri maupun masyarakat yang dikhawatirkan ada dilokasi dihimbau untuk segera menjauhi area disposal (peledakan) dan disposal dilakukan pada hitungan kelima dengan hitungan mundur, serta jeda sepuluh menit antar ledakan. Akhirnya bom-bom tersebut dapat diledakkan dengan aman dan tanpa adanya korban. (eru)

 

Category: Headline, Indeks Berita, Polda