Kapolda Jawa Timur: Polisi Tunda Pengosongan Padepokan Dimas Kanjeng

51 views

Semerusatu.com: Polisi menunda pengosongan Padepokan Dimas Kanjeng di Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Harusnya pengosongan Padepokan Dimas Kanjeng bakal dilakukan.

211 kapol daKapolda Jatim Irjen Anton Setiadji mengatakan, alasan menunda pengosongan karena, sekali lagi, melihat dampak sosial yang akan terjadi.

“Kami hanya menangani aspek hukum. Dan pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo-lah yang menentukan soal pengosongan itu. Mengenai aspek sosial yang menangani adalah Pemerintah Daerah,” kata Anton Setiadji  saat berkunjung ke Padepokan Dimas Kanjeng, Rabu (21/12/2016) siang.

Pengosongan tidak jadi, lanjutnya, salah satunya jika pengikut pulang akan menimbulkan masalah rancu karena ditagih oleh pengikut lainnya. Dampak sosial ini yang harus disikapi.
Pengosongan ini dilakukan untuk menghindari barang bukti yang hilang dan kerusakan barang bukti di Padepokan. Untuk tetap menjaga barang bukti, pihak Polda Jatim menyiagakan pasukan Brimob di Padepokan.

Padepokan DImas Kanjeng, terbilang lebih ramai dibandingkan dengan sebulan sebelumnya. Dari data yang ada, jumlah pengikut yang tinggal di Padpeokan mencapai angka lebih dari 500 orang. Penambahan orang yang tinggal di Padepokan ini diduga karena menjadi tempat yang aman bagi pengikut.
(eru)

Category: Headline, Indeks Berita, Polda