Tongkat Komando Kapolda Jawa Timur Berpindah

52 views

Semerusatu. com: Tongkat Komando Polda  Jawa Timur resmi berganti dari Ijen Anton Setiadji kepada penggantinya Machfud Arifin. Machfud meminta restu ibunya sebelum memasuki Gedung Rupatama, tempat kerja Machfud sebagai Kapolda Jatim.

05 topSerah terima jabatan (sertijab) Kapolda Jatim lama ke yang baru dilaksanakan di Markas Polda Jatim pada Kamis pagi, 5 Januari 2017. Begitu tiba di pintu gerbang utama Polda, Machfud langsung disambut pasukan pedang pora dan tari khas Surabaya, Tari Lenggong.

Siangnya, digelar acara pelepasan penjabat lama, Inspektur Jenderal Polisi Anton Setiadji. Sebelum itu, Machfud diberi kesempatan untuk meminta restu kepada ibunya, Sawidja Djajadi. Mantan Kepala Divisi Teknologi Informasi Markas Besar Polri itu sungkem kepada ibunya yang sudah sepuh dan duduk di kursi roda.

Setelah itu, baru Irjen Anton menjalani prosesi pelepasan. Bersama istri, Anton berjalan kaki di tengah pasukan pedang pora yang berjajar rapi. Dia menuju kereta kencana yang mengantarnya ke pintu keluar Polda.

Bukannya menangis, Anton justru menunjukkan mimik wajah santai dan tingkah penuh canda ketika ditaburi bunga perpisahan oleh anak buahnya. Beberapa kali dia melambaikan tangan sambil tertawa. “Thank you very much,” kata Anton.

Machfud mengatakan, sebagai Kapolda Jatim yang baru dia akan fokus dalam penanganan pelanggaran pidana yang berdampak besar bagi masyarakat, yakni penyalahgunaan narkotika kejahatan siber, termasuk ujaran kebencian di media sosial. “Saya akan tindak tegas kejahatan narkoba,” ujarnya.

Untuk diketahui, Anton mengakhiri jabatannya sebagai Kapolda Jatim dalam rangka pensiun. Sementara Machfud dipromosikan sebagai Kapolda Jatim setelah diambil sumpah oleh Kepala Kepolisian RI, Jenderal Tito Karnavian, di Markas Besar Polri pada Rabu, 4 Januari 2017. (eru)

Category: Headline, Indeks Berita, Polda