Polwan Itu Selalu Membantu Warga yang Sakit

68 views

Semerusatu.com: Menjadi dokter, pemadam kebakaran, insinyur dan polwan, cita-cita yang banyak diimpikan bocah cilik. Diantara berderet profesi itu, ada profesi yang saat ini sedang sering menghiasi layar televisi.Apa tebak?

22 nanikBuat yang menebak Polwan (polisi wanita), betul! Satuan polisi ini awalnya dibentuk untuk mengatasi pengungsi perempuan pada masa agresi militer kedua di Indonesia. Pada saat itu di Bukittinggi, pemerintah harus menggeledah pengungsi secara fisik.

Ini untuk mencegah kehadiran penyusup dari pihak sekutu. Supaya pengungsi perempuan bersedia diperiksa, maka dipilihlah enam polisi wanita yang kemudian jadi polwan pertama di Indonesia.

Dan di masa kini, salah satu yang memilih jadi Polwan adalah Ipda Nanik Yuliati. Tapi bukan Polwan biasa. Polisi wanita yang berpangkat balok satu dipundaknya, disela tugas rajin keliling membantu warga sakit dari keluarga tak mampu.

Di akhir Agustus 2016, Kanit Pembina Perpolisian Masyarakat Polres Nganjuk, Jawa Timur ini mengunjungi warga di kecamatan Gondang dan Sukomoro yang menderita penyakit kulit langka dan hydrocephalus. Tak lelah, dia yakinkan warga cara menangani penyakit dan membangkitkan semangat penderita. Nanik, juga sering mempermudah jalan warga untuk mendapatkan pengobatan.

“Ya awalnya panggilan jiwa tidak tega lihat orang menderita apalagi dipasung dan sakit seperti ini. Saya merasa Tuhan memberikan saya tubuh yang sempurna dan harus bisa membaktikan diri saya ke masyarakat kepada warga yang sakit,” kata Polwan yang berpangkat balok satu dipundaknya.

Keluarga, awalnya keberatan karena waktu Nanik yang makin berkurang untuk mereka. Namun seiring berjalannya waktu, keluarga mengerti apa yang ia lakukan dan berbalik mendukung penuh. Terlebih saat keluarga melihat banyaknya dukungan dari masyarakat untuk Nanik. “Terima kasih ada yg mau peduli terhadap anak saya dan masyarakat yang kurang mampu, berkat bantuan Bu Nanik, anak saya akan diobatkan di RSUD Dr Soetomo,” tutur warga, Martono.

Kebaikan Nanik membuatnya diganjar berbagai penghargaan, diantaranya penghargaan dari Bupati Nganjuk sebagai 3 pilar terbaik dalam melayani masyarakat dan penghargaan dari Kapolda Jatim karena berhasil melaksanakan Jatim bebas pasung.(eru/tbn)

 

Category: Headline, Indeks Berita, Profil