Kali Pertama Sepanjang Sejarah Polda Jawa Timur Sita 20 Kilogram Narkoba

51 views

Semerusatu.com: Kali pertama dan terbesar sepanjang tahun, anggota Subdit 1 Ditresnarkoba Polda jawa Timur berhasil menyita narkotika jenis Sabu di Hotel Fave Max kamar 219 di Jalan Pregolan No. 1,3,5 Surabaya, yang melibatkan pelaku  berinisial YN (41) asal Jakarta.

3 narkoba 20 kgKapolda Jatim Irjen Machfud Arifin didampingi Kabid Humas Kombes Frans Barung Mangera serta Direskoba Polda Jatim Kombes Gagas serta Ka BNNP Jatim,  Jumat (3/2/2017) keada wartawan menjelaskan, keberhasilan itu berkat informasi dari masyarakat tentang adanya penyalahgunaan narkotika jenis Sabu di Kota Surabaya, yang dilakukan oleh seorang Bandar berinisial YN,  yang saat itu menginap di hotel tersebut.

Holtel di Surabaya yang diduga sering dijadikan tempat transaksi itu, oleh polisi segera dilakukan penyelidikan intensif. Selanjutnya, oleh anggota Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Jatim dilakukan penyelidikan.

Hasilnya benar, bahwa di hotel itu dijadikan transaksi narkoba jenis sabu, kemudian dilakukan penggerebekan sekaligus berhasil mengamanan tersangka berikut barang bukti Sabu seberat satu kilogram.

Ternyata polisi tidak hanya berhenti sampai di situ saja, namun kasus penangkapan itu terus dikembangkan ke daerah Cijantung Jakarta dan Cilodong Depok Jawa Barat. Berkat kerja keras, akhirnya berhasil menangkap tersangka Yanto dan Rypan dengan barang bukti 2 kilogram Narkotika Sabu.

Untuk sekian kalinya, polisi terus mengembangkan alur narkoba lainnya dan hingga sampai  di tempat penyimpanan atau gudang. Di sini polisi berhasil mengamanan sebanyak 17 kilogram Sabu dari tersangka berinisial FL alias P. Dan jika ditotal, jumlah barang bukti sabu yang disita seberat20 kilogram.

Sementara pasal yang disangkakan atas perbuatan tersangka yakni pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang bunyinya, bahwa pasal 112 ayat (2) : “setiap orang yang tanpa hak melawan hokum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika golongan I bukan tanaman beratnya melebihi 5 gram, pelaku dipidana dengan peidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20  tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga)”.

Barang bukti narkotika jenis Shabu dengan berat satu Kg,  HP Blackberry, timbangan digital, seperangkat alat hisap, dan tas warna ungu disita dari tersangka YN. Narkotika jenis Sabu dengan berat 2 Kg disita dari Yanto.

Narkotika jenis Shabu dengan berat 17 Kg, 2 timbangan digital, 9  buah kartu perdana Axis, 2 jirigen berisi cairan epedrin, alat hisap dan alat pengering disita dari tersagka FL als P. (eru)

 

Category: Headline, Indeks Berita, Narkoba