Tiga Bulan Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan 3.270 Kilogram Narkoba

21 views

Semerusatu.com: Dalam tempo satu bulan, Custom Narcotics Team (CNT) Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur berhasil menggagalkan tiga kali upaya penyelundupan sabu seberat 3.270 gram di Bandara Internasional Juanda.

16 juandaPenggagalan penyelundupan sabu ini bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bea-Cukai Jawa Timur, Badan Narkotika Provinsi Jawa Timur, Direktorat Reserse Kriminal Narkoba Polda Jawa Timur, Imigrasi Bandara Juanda, dan pengamanan Bandara Internasional Juanda.

Upaya penyelundupan pertama dilakukan oleh Mariyani (34)  penumpang maskapai AirAsia XT 393 rute Johor Baru (Malaysia)- Surabaya pada 14 Januari 2017. Warga Madura ini membawa sabu seberat 120 gram methapethamine yang disimpan dalam pembalut yang dikenakannya.

Penyelundup sabu kedua dilakukan Sulton (33) penumpang AirAsia XT 393 rute Malaysia-Surabaya pada 21 Januari. Pria asal Madura itu kedapatan membawa sabu seberat 2.880 gram yang dibungkus aluminium foil yang dimasukkan pafa kotak HP dan ditutupi HP bagian atasnya.

Pelaku ketiga yang akan menyelundupkan barang mengandung methapethamine seberat 270 gram adalah Sayadi (38) penumpang Air Asia (QZ321) rute Kuala Lumpur Malaysia-Surabaya. Sabu pelaku ketiga ini dimasukkan pada gagang koper milik pelaku. “Ketiga barang haram milim ketiga pelaku terdeteksi oleh mesin X-Ray,” tegas Kepala KPPCB Juanda, Muchamad Moelyono, Kamis (16/2/2017).

Moelyono menegaskan, ketiga pelaku tidak saling kenal dan pemiliknya adalah pemain lama. “Yang memasok atau pemiliknya itu bandar yang juga pemain lama di Malaysia,” ungkapnya.

Untuk pengembangan kasus, kata dia, para pelaku diserahkan ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Timur. Atas kasus ini, para pelaku dijerat dengan Pasal 113 ayat 1 dan 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 10 tahun penjara atau denda uang paling banyak Rp 5 miliar. (eru/bj)

Category: Headline, Indeks Berita, Narkoba