Kapolri: Jaringan JAD, Pelaku Teror Bom Tewas Tertembak di Kelurahan Arjuna Jabar

11 views

Semerusatu.com: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan, pelaku bom low explosive, setelah baku tembak di kantor kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Jawa Barat dengan anggota, akhirnya pelaku tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit, Senin (27/2/2017).

27 kapolda“ Yang meledak itu bom biasa atau bentuk panci dan tidak ada korban saat meledak. Usai meledak, pelaku kabur dengan mengendarai motor menuju kelurahan, masyarakat ada yang melihat lalu lapor polisi,” kata Kapolri seusai menjadi penguji desertasi gelar doktor Menpan di Unair

Didampingi Kapolda Jatim, Irjen Machfud Arifin dan Kabid Humas Kombes Frans Barung Mangera serta Kapolrestabes Surabaya Kombes M Iqbal, Jenderal polisi berbintang empat itu lebih lanjut menjelaskan, saat berada di kantor kelurahan, pelaku terus berteriak agar teman temannya yang ditangkap oleh Densus 88 agar dikeluarkan.

Pelaku yang membawa senjata api diperintahkan untuk menyerahkan diri, namun tidak digubris. Akhirnya terjadi baku tembak, antara polisi dengan pelaku. Upaya untuk melumpuhkan pelaku berhasil dan saat dilakukan penangkapan, pelaku yang tertambak segera dilarikan ke rumah sakit. Namun dalam perjalanan, pelaku menghembuskan nafasnya yang terakhir alis tewas.

Pelaku, lanjut Kapolri,  sudah diketahui identitasnya dan pelaku pernah berlatih di Aceh Besar pada  tahun 2011. Dan pelaku juga pernah ditangkap bersama 70 orang lainnya dan dijatuhi hukuman 3 tahun penjara.

Begitu keluar dari tahanan, pelaku bergabung dalam kelompok jaringan Jamaah Ansyorul Daulah (JAD) pada tahun 2013.

Barang bukti milik pelaku yang diamankan diantaranya senjata api, sangkur, dan bahan peledak. (eru)

 

Category: Headline, Indeks Berita, Mabes Polri