Sempat Dijengguk Kapolda Jatim, Sebelum KH Hasyim Muzadi Meninggal

45 views

Semerusatu.com: Kyai Haji Ahmad Hasyim Muzadi (74 tahun) adalah seorang tokoh Islam Indonesia dan mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU) yang menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 19 Januari 2015.

16 diesuk kapolda hasyimAlmarhum lahir di Bangilan Tuban Jawa Timur 8 Agustus 1943, yang wafat pada Kamis Kliwon (16/3/2017).

Almarhum KH Hasyim Muzadi dimakamkan di Pesantren Al-Hikam, Beji, Kukusan, Depok, Jawa Barat, tepat di samping kantor pesantren dan depan rumahnya. Bendera kuning sudah dipasang di sepanjang jalan menuju pesantren.

Pemakaman di area kompleks Ponpes Al-Hikam, Depok, itu memang sudah menjadi amanat KH Hasyim Muzadi sebelum meninggal. Hal itu disampaikan menantu KH Hasyim, Arief Zumhari.

Sementara sehari sebelumnya, Rabu (15/3/2017) Presiden Jokowi beserta istri didampingi Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Imade Sukadana, yang masing masing beserta istri sempat menjengguk KH Hasyim Muzadi di Malang, Jawa Timur.

Sedangkan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin beserta istri pada Rabu, 11 Januari 2017 lalu juga menyempatkan untuk membesuk pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Malang, KH Hasyim Muzadi di Rumah Sakit Lavalette Malang, Jawa Timur.

Saat itu KH Hasyim sempat memberi pesan kepada Kapolda Jatim, bahwa untuk menjaga kedamaian, persatuan, dan kerukunan bangsa.

Usai menjenguk KH Hasyim yang dirawat di kamar saphire VIP A6, Kapolda Machfud Arifin mengatakan kondisi mantan ketua umum PBNU itu sudah membaik. “Saya melihat kondisinya sudah membaik,” ujarnya.

Sebagai pejabat baru di Jatim, Machfud mendapat amanah dari KH Hasyim untuk terus belajar dan melakukan sowan kepada para kiai dan ulama. “Wejangan yang diberikan sangat bermanfaat sebagai pencerahan dalam mengatasi berbagai masalah,” ujarnya. (eru)

Foto: Saat Kapolda Jatim Jengguk KH Hasyim Muzadi, 11 Januari 2017 (dok)

Category: Headline, Indeks Berita, Indonesia