PMII Rayon FIB Gelar Baca Puisi Maraton, Solidaritas untuk Ibu Patmi

38 views

Semerusatu.com : Peringatan hari pusi se-dunia diperingati dengan membaca puisi maraton selama 6 jam oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesa (PMII) Rayon Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember, Jum’at (25/03/2017) malam, di Alun-alun Jember.

IMG-20170325-WA0020
Acara dimulai dengan menyayikan lagi Indonesia Raya, mars PMII, pembacaan yasin dan tahlil, kemuian acara pembacaan puisi maraton.
“Ini acara malam puisi peringatan hari puisi sedunia. Kami persembahan untuk rasa solidaritas kita terhadap Kartini Kendeng, Ibu Patmi,” tegas Jafar, Ketua Umum PMII Rayon Fakultas Ilmu Budaya.
Ibu Patmi adalah warga Kendeng Jawa Tengah yang meninggal dalam perjuangan membela kelestarian lingkungan hidup. Semangatnya membakar semangat aktivis yang tergabung dalam PMII Rayon Fakultas Ilmu Budaya.
Aksi ini mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat. “Acara semacam ini jarang saya temui di alun-alun ini. Acaranya memberikan informasi kepada orang-orang yang beraktifitas di alum-alun ini bahwa perjuangan kita masih belum berakhir,” tutur Ilham pengunjung Alun-alum Jember.
Jakfar menyampikan bahwa aksi dilakukan di alun-alun kota Jember karena pusat keramaian, dan untuk menggugah masyarakat untuk menghargai seni dalam perjuangan.
“Perjuangan yang kami sampaikan ini dengan seni, agar masyarakat juga paham, bahwa bukan hanya dengan politik kita berjuang, seni pun berkontribusi untuk bangsa kita,” imbuh Jakfar.

Pembacaan puisi maraton ini mengambil tema “Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata” yang dikutip dari semangat juang WS. Rendra.
Kordinator lapangan Ahmad Rosen menyebutkan acara diikuti lebih dari 50 mahasiswa yang membaca puisi secara bergantian. (ali/har)

Category: Headline, Indeks Berita, Jatim