AKP Bahrul Anam, S.H, Rangkul Berbagai Komunitas Upaya Cipta Kondisi Wilayah

18 views

IMG-20170329-WA0039Semerusatu.com : AKP Bahrul Anam, S.H, Kapolsek Suboh Polres Situbondo yang menjabat sejak tahun 2015. Pada masa kepemimpinannya sebagai Kapolsek Suboh, ia membangun suasana humanis kepolisian. Dia berkeinginan mengubah pandangan masyarakat tentang polisi yang “menakutkan”.
Dalam melaksanakan tugasnya, AKP Bahrul Anam S.H, mendatangi masyarakat dan memberikan sosialisasi program yang sedang dijalankan. Dia bersama anggota Polsek Suboh, mendatangi komunitas-komunitas masyarakat di Kecamatan Suboh, seperti komunitas bola voli, gobaksodor, dan komunitas becak motor (bentor), serta komunitas pecinta burung merpati.
Upaya yang dilakukan untuk masuk dalam komunitas-komunitas tersebut, AKP Bahrul Anam terlebih dulu mendata hobi dari anggotanya, dan anggota yang memiliki hobi yang sama dengan masyarakat yang ditugaskan untuk bergabung dalam komunitas tersebut.
“Untuk mempermudah pembinaan pada masyarakat, dan keamanan lingkungan, kami mengandeng komunitas-komunitas masyarakat, dan itu membuat kami semakin mudah menjalankan tugas kepolisian” tegas AKP Bahrul Anam, Rabu (29/03/2017), di ruang kerjanya.
Dalam ruangan Kapolsek, AKP Bahrul Anam, menyelipkan selogannya “polisi harus mendatangi masyarakat, bukan menunggu terus pengaduan masyarakat” ucapnya sambil tersenyum.
AKP Bahrul Anam sering ikut kegiatan masyarakat, seperti acara tahlil, dan kegiatan komunitas. Saat terjadi pelanggaran oleh masyarakat seperti menggunakan hobi memelihara merpati sebagai lahan judi, dia mendatangi dan memberikan peringatan, sebelum dilakukan tindakan hukum.
Peringatan juga rutin dia lakukan kepada pemilik becak motor (bentor). Ia mengimbau masyarakat untuk tidak lagi menambah jumlah Bentor yang ada. Sejak awal menjabat, jumlah bentor sebanyak 23. Jumlah itu sampai saat ini masih tidak bertambah. “Penggunaan kendaraan Bentor ini sebenarnya kan kurang layak di jalan umum, tapi kami masih belum menemukan solusi lingkungan, karena Bentor ini menjadi mata pencurian utama sebagian masyarakat,” tutupnya. ( ali)

Category: Headline, Indeks Berita, Profil