Pemerintah Perlu Mengakomodasi Karapan Kerbau

3 views

Semerusatu.com : Karapan kerbau perlu diakomodasi oleh pemerintah daerah sebagai bagian dari kearifan budaya lokal. Sebab, karapan kerbau sebagai tontonan cukup berpotensi menjadi destinasi wisata.

 

 

Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Moch. Eksan saat menyaksikan final karapan kerbau di Desa Dawuhan Wetan, Kecamatan Rowokangkung, Lumajang, Senin (1/5).

 

 

Menurut Eksan, karapan sapi adalah salah satu kekayaan yang dimiliki oleh masyarakat, sehingga perlu dilestarikan.

 

 

“Pemerintah perlu mengambil peran dalam mengembangkan karapan kerbau. Apalagi pemerintah tengah giat-giatnya menggarap sektor pariwisata,” tukasnya.

 

 

Sejauh ini, katanya, secara tradisi masyarakat telah menjaga kelestarian budaya di daerahnya dengan mengembangkannya lewat acara-acara musiman.

 

 

“Seharusnya pemerintah berterima kasih kepada masyarakat,” lanjutnya.

 
Eksan tidak hanya menyaksikan lomba karapan kerbau dan menanggung hadiahnya, tapi juga “memborong” sejumlah stand makanan dan minuman yang berjubel di sekitar area lomba untuk disediakan secara gratis kepada penonton.

 
Lomba tersebut sudah berlangsung 3 hari, dan diikuti oleh 30 pasang kerbau. “Ini partai final,” tukas salah seorang panitia, Adi Sampurno.

 

 

Menurutnya, lomba tersebut rutin dilakukan tiap tahun setelah panen sebagai upaya menjalin kerukunan sekaligus hiburan warga. (Ary/red)

Category: Headline, Indeks Berita, Jatim