Gandeng Dishub Gelar Operasi Laik Jalan

7 views

Semeru satu.com : Untuk memastikan kelayakan bus menjelang puasa dan lebaran tahun ini, Sat Lantas Polres Jember bersama Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar operasi penertiban di terminal Tawang Alun, Jember, Kamis (4/5) sore.

 

Operasi tersebut menyasar kelengkapan bus, baik surat-surat maupun komponen penting kendaraan.

 

Menurut Kasat Lantas Polres Jember, AKP. Nopta Histaris Suzan, SIK, dalam operasi tersebut pihaknya menemukan beberapa bus yang tidak laik jalan, misalnya rodanya tipis, handremnya rusak dan lain sebagainya.

 

“Kita tidak ingin kejadian di Jawa Barat, terjadi di Jember. Makanya, yang rodanya tipis wajib diganti, handrem yang rusak, diperbaiki. Sementara bagi kendaraan yang uji berkalanya sudah mati, kita imbau untuk melakukan uji ulang,” ujar Nopta.

 

Tidak hanya operasi, dalam waktu dekat Polantas dan Dishub Jember akan membuat pos terpadu untuk memantau kelayakan armada angkutan, khususnya bus. Selain itu, menjelang lebaran, penertiban akan dilakukan setiap hari.

 

“Pos terpadu akan dibuat di terminal Tawangalun, terminal Pakusari dan sebelum masuk ke gumitir. Itu untuk memantau kelayakan bus,” jelasnya.

 

Nopta juga akan menindak tegas semua bus yang ditemukan masih melanggar. Bahkan bagi bus yang tidak laik jalan tapi masih membandel, juga bisa dicabut ijinnya.

 

“Untuk itu para pemilik bus agar jng main-main karena kami akan menindak tegas, semua bentuk pelanggaran,” urainya. (red)

Category: Headline, Indeks Berita, Lantas