Jelang Puasa, Pantau Harga Pangan, Menteri Pertanian “Blusukan” Sendiri ke Pasar di Surabaya

2 views

Semerusatu.com: Menteri Pertanian ri dr ir h andi amran sulaiman blusukan ke pasar pasar tembok dan keputran,  jumat (19/5/2017) sekitar pukul 05.00 wib. giat yang dilakukan ini dalam rangka sidak harga pangan, jelang puasa ramadhan.

Hal itu untuk memastikan stabilnya harga komoditi,  Menteri Pertanian tanpa didampingi pejabat terkait langsung melakukan sidak di pasar Surabaya. Mentan memantau langsung berbagai harga komoditi pertanian.

Misalnya,  bawang putih dianggap masih pada level harga tertinggi. Untuk itu, Menteri pertanian mengimbau kepada para impotir bawang putih untuk mematuhi peraturan pemerintah, Mentan juga merekomendasikan pencabutan ijin terhadap importir nakal yang melakukan penimbunan dan memainkan harga di pasaran.

Tak hanya satgas pangan yang bergerak cepat melakukan stabilisasi harga pangan. Menteri Pertanian melakukan sidak langsung  dipasar Keputran dan pasar Tembok Surabaya. Dan yang berbeda menteri pertanian melakuan sidak sendirian, sekli lagi, tanpa didampingi pejabat terkait, bahkan untuk sampai ke pasar tujuan, Menpan rela mengendarai taksi,  dari hotel tempatnya menginap.

dalam sidak tersebut, mentan langsung berdialog dengan masyarakat, baik pedagang ataupun pembeli. Dari pantauan dilapangan, harga relatif stabil bahkan cenderung turun,  seperti harga cabe rawit, yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 40 ribu perkilo,  kini menjadi Rp 35 ribu. Sementara bawang merah,  dijual dengan harga Rp 20 ribu untuk kualitas bagus, Hanya bawang putih yang masih relatif tinggi meski mengalami penurunan harga.

Lanjut di pasar Keputran Surabaya dan beberapa pasar lainnya di Surabaya,  harga bawang putih di jual Rp 50 ribu,  dari sebelumnya  Rp 55 ribu perkilo. Meski demikian, harga tersebut dinilai Menteri terlalu tinggi,  dari harga patokan Rp 38 ribu perkilonya.

Mentan akan melakukan evaluasi dengan Kementrian Perdagangan untuk melakukan tindakan terhadap importir nakal yang melakukan penimbunan bawang putih  serta mempermainkan harga dipasaran.

Menteri Pertanian juga memantau harga beras dari agen beras di pasar Tembok Surabaya, harga masih relatif stabil,  harga ayam potong juga relatif stabil di harga Rp 30 ribu perkilonya.

Pantaun stabilisasi harga dilakukan mengingat menjelang puasa dan lebaran,  kerap dijadikan momen oleh para pengusaha nakal untuk mengeruk keuntungan,  yang berakibat menyengsarakan konsumen dan petani. (eru)

 

Category: Headline, Indeks Berita, Indonesia