Hasil Vicon Kadiv Humas Polri, Kapolri Apresiasi “Cyber Troops” Polda Jawa Timur

11 views

Semerusatu.com: Video Conference (vicon) Kadiv Humas Polri bersama Kabid Humas Polda Se-Indonesia, Selasa (23/5/2017). Giat ini dihadiri, Karo PID Divhumas Polri, Karo Multimedia Divhumas Polri dan para Kabag Divhumas Polri.

Selain itu, juga dihadiri para Kabid Humas Polda Seluruh Indonesia beserta Staff, untuk Pola Jatim diikuti juga oleh Kasubbag Humas dan operator “Cyber Troops” Polres Jajaran Polda Jatim.

Dalam pengarahannya, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menjelaskan, bahwa menindak lanjuti perintah Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk membentuk Satgas Media Sosial dengan coordinator Kadivhumas Polri dan Karo Multimedia.

Di sisi lain, Kapolri juga memberi apresiasi dan ucapan terima kasih via Kadiv Humas Polri kepada Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera atas bantuan juga dengan  inovasi “Cyber Troops” kepada Mabes Polri dalam mengcounter pemberitaan negative yang mendiskritkan institusi Polrimaupun Pemerintah.

Cyber Troops di Polda Jatim ini bisa dijadika Role Model bagi Polda yang lain. Peran Humas dengan adanya Multi media dituntut untuk mengcounter sentiment negative di Polri. “Kabid Humas Polda Semuanya harus melek IT, termasuk Media Sosial,” ujar Kadiv Humas Polri.

Sementara Karo PID, sesuai Comanderwish Kapolri poin 5 tentang Manajemen Media merupakan tugas pokok Humas Polri.  Pendekatan kepada media (Media Konvensional, Media Online, Media Sosial). Lebih ditingkatkan.

Ssetelah kepemimpinan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, kepercayaan publik terhadap Polri sudah meningkat menjadi sekitar 70,10 %. Anggota Polri sebanyak 420.000 personil, bisa diarahkan untuk membuat akun madia sosial, bisa mengajak istri, anak, Bhayangkari, sanak saudara, LSM, dll,yag bertujuan untuk mendukung Polri (Buzer Polri).

Selain itu, media Online harus diseragamkan dengan domain “ go.id”. Jangan membawa awak media dalam kegiatan Operasional Polri, lebih baik setelah selesai kegiatan operasional kumpulkan wartawan untuk melaksanakan release hasil operasional. Anggota yang ikut melaksanakan Operasional tidak perlu me-share foto- yang tidak diperlukan ke dalam group maupun medsos, karaena bisa menimbulkan persepsi yang negative di masyarakat.

Karo Multi Media Divhumas Polri, Brigjen Yan Fitri menambahkan, bahwa pengelolaan Media Sosial harus dapat bermanfaat bagi Institusi Polri Guna Menjaga Stabilitas Kamtibmas. Konsep pembangunan “Cyber Troops” tingkat Polda, diharapkan Kabid Humas bisa melakukan Study banding ke Polda Jatim untuk mencontoh yang sudah berjalan.

“Kalau ada yang bermasalah atau negative sampaikan ke Mabes Polri untuk ditindaklanjuti, untuk di take down akun-akun bermasalah tersebut. Laporkan akun tersebut agar segera ditutup oleh Provider Media Sosial tersebut,” ujarnya.

Selain itu, lLaporkan berapa kekuatan “Cyber Troops” Polda, kita datakan akun-akun kita agar mudah kita untuk mengelola. Permasalahan di media sosial akan menjadi masalah besar jika tidak segera diatasi /dikelola.

Peran humas sudah bergeser menjadi Fungi Utma untuk menghadapi menajemen Media Massa, Media Online, Media Sosial agar tidak timbul keresahan di dalam masyarakat. Persiapkan cikal bakal Kasubbid Multi Media di Jajaran Humas Polda, sehingga ada data atau record yang terakomodir dalam pengelolaan media sosial.

Sebagai contoh Kabid Humas Polda Jatim sangat sensitive dengan perkembangan pemberitaan Nasional, cepat merespon pemberitaan negative dengan melaksanakan counter opini melalui Cyber Troops yang sudah terbentuk.

Kabid Humas harus mampu mengelola Netizen di wilayah masing-masing, ajak netizen berkumpul, bertatap muka guna menjelaskan kebenaran isu isu  yang beredar, jangan menyebarkan isu-isu Negatif.

Media online resmi Polri adalah Tribratanews.polri.go.id, dari wilayah bila ada berita yang bagus silahkan dishare melalui AKBP Umi untuk diteruskan kepada Media-media Nasional di Mabes Polri.

-Media Sosial berkembangan dengan cepat, pengguna medsos semakin tidak terdidik, tidak beretika karena adnya pembiaran dari institusi. Dalam menaggapi perkembangan Media Sosial ini Biro Multi Media Divhumas Polri bekerja 24 jam untuk memantau Media Sosial. Setiap pemberitaan di Media Sosial akan berdampak pada Media Online begitu juga sebaliknya.

Di wilayah harus mampu mengelola / membuat berita positif, yang tidak bagus atau tidak perlu dimasukkan karena hanya akan membebani server. Buat Pola-pola Film Pendek dengan kata-kata yang baik, untuk pembentukan opini positif.

Di Divhumas Ada IMM yang sudah bisa memantau Akun Media Sosial Facebook. Untuk sekarang Media Online Tribratanews dikeluarkan dari IMM untuk mendapatkan hasil yang sesuai (real).

Sesi Tanya Jawab: Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera menyampaikan, bahwa ada 39 Kasubbag Humas Polres jajaran Polda Jatim juga mengikuti Video Conference ini. Rentang Cyber Troops Polda Jatim sudah sampai tingkat Polsek Jajaran Polda Jatim.

Selain itu, sudah banyak akun-akun negative yang sudah bisa ditutup oleh Cyber Troops Polda Jatim. Kuncinya adalah dengan mengintegrasikan antar Polda, Polres, Polsek. Pembentukan Opini dilaksanakan guna mendapat simpatisan dari masyarakat, melalui penayangan kegiatan Polri yang humanis, berprestasi, ungkap kasus.

“Kedepan kita tidak akan menggunakan lagi akun-akun bayangan, tetapi akan menggunakan Netizen tergalang guna mendukung “Cyber Troops” Polda Jatim, dan diarahkan agar tidak sampai masuk dalam ranah UU ITE,” tandas Kombes Barung-sapaan akrabnya. (eru)

Category: Headline, Indeks Berita, Polda