Dukung PSCP Anggota Komisi E DPRD Jatim Minta Terus Dikembangkan

31 views

Semerusatu.com : Seni bela diri pencak silat ternyata mempunyai kontribusi yang tidak kecil dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

 

Para pemuda dan pejuang yang berperang melawan penjajah rata-rata mempunyai keterampilan bela diri yang mumpuni, yang diajarkan oleh para leluhur dan pendekar silat.

 

“Jadi pencak silat itu bukan semata-mata berlatih dan bertanding, tapi punya peran dalam perjuangan kemerdakaan,” ujar anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Moch. Eksan saat bertemu dengan komunitas Perguruan Pencak Silat Cempaka Putih (PSCP) Ranting Jombang, Jember di Balai Desa Jombang, Kamis (25/5).

Eksan mendorong agar seni bela diri pencak silat Cempaka Putih terus dikembangkan. Pencak silat, katanya, merupakan produk asli budaya nusantara, sehingga melestarikan pencak silat berarti melestarikan budaya asli anak bangsa. Selain itu, pencak silat juga mempunyai keterkaitan sejarah dengan perjuangan kemerdekaan RI.

 

“Oleh karena itu, teruslah berlatih. Bela diri otomatis bela negara. Bagaimana mau bela negara kalau bela diri saja tidak bisa,” tukasnya (red).

Category: Indeks Berita