Dua Minggu, Polrestabes Surabaya Amankan 18 Tersangka

2 views

Semerusatu.com: Dalam kurun waktu dua minggu, Satuan Reserse Kriminal – Satreskrim Polrestabes Surabaya berhasil mengungkap 18 kasus kejahatan jalanan, dan mengamankan 18 tersangka.

Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya,  Kompol I Dewa Gede Juliana menjelaskan, pengungkapan kasus ini merupakan komitmen dari Polrestabes untuk memberantas kasus kasus street crime, berkaitan dengan curas dan curanmor.

“Dalam kurun waktu dua minggu ini, yang belum kita rilis kita sampaikan ke masyarakat, melakukan pengungkapan terhadap 18 kasus berkaitan dengan Street Crime,” ungkapnya, Jumat (20/10/2017).

Berdasarkan data kepolisian, beberapa tersangka merupakan residivis. Tercatat tiga tersangka pernah mendekam di penjara sebanyak dua kali. Namun pihaknya tidak menyebutkan kasus yang pernah menjerat pelaku tersebut. “Ada tiga tersangka yang sudah yang kedua kalinya,” tambahnya.

Dijelaskannya, modus operandi para pelaku antara lain, untuk pencurian dengan kekerasan (curas), dengan cara merampas barang korban, bahkan tak segan melukai korbannya. “Ada memepet korban, kemudian merampas barangnya, kemudian ada juga yang membacok daripada korban,” terangnya.

Sedangkan untuk kasus pencurian dengan pemberatan (curat) modus yang mereka gunakan adalah membobol rumah dengan cara merusak gembok, maupun mencongkel pintu.

Sementara modus operandi mereka dalam kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) adalah dengan merusak rumah kunci memakai kunci palsu. Barang bukti yang berhasil disita polisi antara lain, 1 unit mobil, 4 unit sepeda motor, 4 unit HP, 1 unit notebook, dan uang tunai Rp 3,9 juta. Serta beberapa peralatan kejahatan, seperti kunci leter C, kunci leter T, obeng, tang dan gembok. (eru)

Category: Headline, Indeks Berita, Polres