Ditreskrimsus Polda Jatim Gerebek Pabrik Minuman Keras

3 views

Semerusatu.com: Anggota  Subdit I Tindak Pidana Indagsi, Ditreskrimsus Polda Jatim berhasil membongkar praktek pembuatan minuman keras tanpa ijin. Lokasi pembuatan atas CV. NMCA, Jl. Raya Pakal lndah No. 16 Pergudangan B-18 Pakal Surabaya.

Wadireskrimsus Polda Jatim – AKBP Arman Asmara Syarifudin menjelaskan, pihaknya telah mendapatkan informasi terhadap aktifitas produksi miras CV. Naga Mas Cemerlang Abadi ini, sejak 19 Agustus lalu. Kemudian dilakukan penindakan pada 19 Oktober 2017.

“Kami menemukan memang sekitar 21 alat bukti, dimana alat bukti tersebut merupakan alat bukti pendukung dari pada minuman keras pembuatannya,” jelasnya, Kamis (26/10/2017).

Modus operandi CV ini adalah memproduksi dan memperdagangkan minuman beralkohol merk Anggur Ketan Putih Guci Mas Cap Genthong Mas, dan minuman beralkohol merk Anggur Ketan Putih Cap Raja Jemblung tanpa memiliki ijin edar.

Selain itu, juga memproduksi atau memperdagangkan barang yang tidak sesuai dengan komposisi yang dinyatakan dalam label minuman. “Dalam arti kata, untuk isian dari pada minuman keras ini, tidak sesuai dengan peruntukannya, atau label dalam prosesnya itu sendiri,” lanjutnya.

Untuk sementara, polisi masih menetapkan dua orang sebagai saksi, dan untuk CV nya tidak diperkenankan untuk melakukan produksi miras. Dari catatan kepolisian, CV ini telah memproduksi miras tanpa ijin selama dua tahun terakhir.

“Kapasitas produksi yang kami temukan, sebulan sekitar 321 dos, perdosnya itu 12 botol, jadi sekitar 3ribuan lebih,” tandasnya.

Di wilayah Surabaya untuk merk Anggur Ketan Putih Guci Mas Cap Genthong Mas dijual dengan harga Rp 440.000/karton atau dus. Sedangkan merk Anggur Ketan Putih Cap Raja Jemblung dijual dengan harga Rp 650.000/karton atau dus, setiap karton berisi 12 botol.

Barang bukti yang diamankan, beberapa diantaranya 216 karton masing masing berisi 12 botol minuman alkohol merk Raja Jemblung; 105 karton masing masing berisi 12 botol minuman alkohol merk Genthong Mas, serta beberapa bahan baku pembuatan miras dan peralatannya. (eru)

 

Category: Headline, Indeks Berita, Polda