Dirlantas Polda Jatim: Shari 5 Orang Tewas Akibat Laka Lantas

2 views

Semerusatu.com: Berdasarkan data dari Ditlantas Polda Jatim, jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas, rata rata 5 orang sehari. Hal ini, menurut Dirlantas Polda Jatim – Kombes Ibnu Isticha dan angka ini masih tinggi.

“Anda bisa bayangkan satu bulan berapa, kalau buat rata-rata lima orang meninggal dunia, satu tahun berapa,” jelasnya, Rabu (1/11/2017).

Untuk itu, salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan adalah dengan dilaksanakan sejumlah operasi lalu lintas. Kali ini, selama 14 hari kedepan adalah “Operasi Zebra Semeru 2017”. Targetnya adalah mengurangi angka pelanggaran, yang merupakan penyebab terjadinya kecelakaan.

“Tidak bisa harus menghilangkan begitu saja, kalau mengurangi angkanya mudah, tapi kalau mengurangi jumlah kecelakaannya ini, pola-pola penegakan hukum kemudian preentif prefentif tetap harus tetap berbarengan pelaksananannya di seluruh Polres Polres,” tegasnya.

Selain itu, pada Operasi Zebra ini, pihaknya menekankan pada kegiatan preentif dan preventif lebih cenderung kegiatan pendidikan masyarakat (Dikmas Lantas).

“Yang kami laksanakan kepada mereka mereka yang akan menjadi calon pengguna jalan pada tataran SMP, anak SMP kelas 2 Kelas 3 termasuk SMA kelas 1,” lanjutnya.

Diharapkan nantinya mereka mereka nanti pada saat menjadi pengguna jalan seperti masyarakat, mereka sudah siap. Karena berdasarkan data Ditlantas juga, angka kecelakaan masih didominasi kendaraan roda dua dengan korban usia produktif. (eru)

Category: Headline, Indeks Berita, Lantas