by

Bioskop Buka Kembali, Pemkot Kediri Terapkan Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi

Kediri ( SemeruSatu.Com )—Bioskop di Kota Kediri kembali dibuka, sesuai kebijakan Walikota Kediri setelah asesmen PPKM berada pada level 2. Tidak semua orang bisa masuk area bioskop, karena pengunjung diwajibkan memiliki aplikasi PeduliLindungi. Namun, masih saja ada pengunjung yang nekat masuk walaupun belum vaksin dosis kedua.

Setelah sekian lama tutup, pihak bioskop menjadi lebih berhati-hati. Seperti halnya yang dilakukan staf Cinema XXI Kota Kediri yang bertugas memeriksa status vaksin dan tes covid pada aplikasi pengunjung.

“Kemarin, baru saja ada salah satu pengunjung yang mengaku sudah vaksin 2 kali. Kita cek kembali status aplikasinya dan ternyata menunjukkan kalau masih vaksin 1 dosis. Ya akhirnya mereka balik kanan, tidak bisa memasuki area bioskop dan menonton,” ujar Manajer Cinema XXI Kota Kediri, Sutardi, saat ditemui Sabtu (18/09).

Cinema XXI Kota Kediri hanya membuka 3 teater dengan kapasitas maksimal 50% dengan skema 1 kursi isi dan 1 kursi kosong. Pada tiap teater hanya tersedia 3 jadwal tayang dengan maksimal jam operasional pada pukul 21.00 sesuai dengan regulasi.

“Sebelum film dimulai, kami menyemprot desinfektan seluruh teater. Untuk memastikan ketertiban penonton mengisi tempat duduk, ada petugas yang berpatroli saat film diputar. Hal ini untuk mengondisikan penonton tetap jaga jarak,” ujar Sutardi.

Ia juga menyampaikan bahwa respon Pemkot Kediri selama ini cukup cepat untuk memberitahukan Perwali dan kondisi terbaru di Kota Kediri.

“Saat ada aturan PPKM baru, kami langsung dikabari. Sehingga kami segera bersurat kepada Satgas Covid Kota Kediri, dinas terkait, Satpol PP dan Polresta mengenai pemberitahuan kami kembali buka.

Di akhir, Sutardi menyampaikan setelah dibukanya bioskop di Kota Kediri, semoga ada secercah harapan bagi karyawan untuk berpenghasilan dan dapat kembali melayani pengunjung.

Setelah diberlakukannya PPKM Level 2, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar segera menggerakkan kembali sektor perekonomian yang sempat terhenti sekian lama, salah satunya bioskop.

“Saat ini kita harus menyamakan persepsi, meskipun kondisi sudah landai, namun protokol kesehatan tetap diterapkan di manapun berada. Pemkot Kediri akan berupaya membangkitkan kembali geliat usaha di Kota Kediri, sehingga roda perekonomian kembali stabil,” ujar Mas Abu.

Kembali dibukanya layanan bioskop di Kota Kediri ini sesuai dengan Keputusan Walikota Kediri Nomor : 188/45/255/419.033/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Corona Virus Disease 2019.(01)

News Feed