Masuk Level 2, Pemkot Kediri Semakin Gencarkan Vaksinasi

Kediri ( SemeruSatu.Com )–Kota Kediri memasuki PPKM level 2 per tanggal 12 September 2021 dari hasil asesmen indikator laju penularan komunitas dan kapasitas respon. Lebih rinci lagi, capaian vaksinasi juga menjadi indikator pengukuran asesmen tersebut.

Saat ini, Kota Kediri berada pada level 2 untuk indikator laju penularan komunitas, baik dari angka kasus konfirmasi per pekan, pasien yang dirawat di rumah sakit dan tingkat kematian. Lalu pada indikator kapasitas respon menunjukkan kategori sedang.

Mengenai hal tersebut, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan, menjadi tugas kita bersama untuk menjaga situasi Kota Kediri tetap aman dan kondusif pada level 2 yang didapat.

“Apa yang dicapai saat ini berkat kerjasama semua pihak
dalam penanganan Covid-19. Susah payah upaya telah dilakukan, sehingga kita bisa berada di level 2. Pesan saya, jangan terlalu euforia, jika kita lengah, kita bisa naik level lagi. Mari kita berjuang bersama untuk turun ke level 1.,” ujar Mas Abu.

Abdullah Abu Bakar juga menambahkan, sampai saat ini Pemkot Kediri tetap melaksanakan percepatan vaksinasi. Sehingga diharapkan masyarakat Kota Kediri juga proaktif untuk segera mendapatkan vaksin agar segera terlindungi.

Berkaitan dengan vaksinasi, hal serupa juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr. Fauzan Adima, ia menyampaikan dalam waktu 2 pekan ke depan akan dilakukan percepatan vaksinasi di beberapa titik, sesuai arahan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat.

“Capaian vaksinasi merupakan salah satu indikator dalam asesmen PPKM. Kita masih harus menggenjot vaksinasi di Kota Kediri. Kalau capaian tidak sesuai dengan target, maka level PPKM bisa naik lagi ke level 3,” ujar dr. Fauzan Adima.

Sasaran vaksinasi yang saat ini menjadi fokus adalah vaksin bagi lansia dan remaja, karena cakupannya yang masih perlu dikejar.

“Saat ini untuk lansia kurang 6,14% orang yang tervaksin, nantinya akan dibantu oleh Puskesmas wilayah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mendeteksi siapa saja warga lansia yang belum vaksin. Selain itu, untuk remaja usia 12-17 tahun juga akan kami lakukan vaksin di sekolah,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakir Dinas Kesehatan Kota Kediri Alfan Sugiantoro.

Selain kedua rentang usia tersebut, Alfan menjelaskan bahwa vaksinasi di Kota Kediri masih bisa didapatkan melalui pendaftaran online yang dibagikan di media sosial dan bisa juga menghubungi puskesmas wilayah setempat.

Saat ini, menurut data Dinas Kesehatan Kota Kediri, telah tercatat 96,17% capaian vaksinasi dosis 1 di Kota Kediri dari total sasaran 200.000 masyarakat Kota Kediri. Lainnya, pada vaksin dosis kedua mencapai angka 52,27% dari cakupan yang ditargetkan.(*PMK)