by

Tolak Terorisme dan Radikalisme Bersamaan Gelaran Pengukuhan LDII Nabire Pengurus Masa Bakti 2020-2025

Nabire ( SemeruSatu.Com ) –Dengan Khidmat, jalannya Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Nabire masa bakti 2020-2025 yang dengan tema

“Penguatan SDMProfesional Religius untuk ketahanan pangan dan kemandirian bangsa menuju Kabupaten Nabire yang berkeadilan, sejahtera, dan mandiri”, pada sabtu 25 September 2021. Acara pengukuhan tersebut berlangsung di Gedung Islamic center Komplek Masjid Agung Al-Falah Jl. Merdeka Nabire-Papua dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 melalui 3M “Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga Jarak”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Papua H. Sumardi, S.T, dan Sekretaris DPW LDII Provinsi Papua Ahmad Saefudin, A.Md, serta pejabat FORKOPIMDA Kabupaten Nabire lainnya seperti Kapolres Nabire AKBP. I Ketut Suarnaya, S.I.K.,S.H., Kepala Kejaksaan Negeri Nabire Muhammad Rizal, S.H.,M.H, Dandim 1705 Nabire yang diwakili oleh Danramil Nabire, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Robert Wopairi, S.Th, Pimpinan Ormas Islam se- Kabupaten Nabire, tokoh lintas agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita, dan tamu undangan lainnya yang berjumlah sekitar 250 orang.

Lewat momen itu, Sekretaris DPW LDII Provinsi Papua Ahmad Saefudin, A.Md, membacakan SK Kepengurusan DPD LDII Kabupaten Nabire 2020-2025. Sedangkan Pelantikan dan Pengukuhan dilakukan oleh Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Papua yang ditandai dengan penyerahan Pataka Bendera LDII dari Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Papua kepada Ketua DPD LDII Kabupaten Nabire Periode 2020-2025 H. Nuryadi, S.Pd, M.Pd.

Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Papua dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelantikan & Pengukuhan Pengurus DPD LDII Kabupaten Nabire merupakan pengejawantahan dari Program Hasil Munas IX DPP LDII Periode 2016-2021 dimana salah satu keputusan Munas IX 2021, yang di buka oleh Presiden RI Ir. H.Joko Widodo nenetapkan Ketua Umum DPP LDII terpilih, Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc pada kepengurusan DPP LDII Masa bhakti 2021-2026. Melalui munas IX tersebut juga mengusung Delapan Klaster Program yang diusulkan DPP LDII kepada Pemerintah Indonesia, dan Alhamdulillah kedelapan Program tersebut secara pilot project telah dilaksanakan oleh warga LDII di seluruh tanah air.

Delapan klaster program dimaksud adalah kebangsaan (mewujudkan SDM Profesional Religius Berwawasan Kebangsaan), keagamaan yakni penguatan peranan di bidang keagamaan dan dakwah untuk menyiapkan SDM Profesional religius menuju Indonesia Maju), ekonomi (peningkatan kapasitas SDM profesional religius untuk pemulihan ekonomi menuju Indonesia Maju), pendidikan (pengembangan SDM profesional religius utk Indonesia Maju), pangan dan Lingkungan Hidup (ketersediaan pangan berkelanjutan dan penjagaan kelestarian fungsi lingkungan menuju Indonesia Maju), kesehatan (mendorong penggunaan obat tradisional), teknologi digital dan energi baru terbarukan.

Sambutan Bupati Nabire yang diwakili oleh Asisten I Setda Kabupaten Nabire La Halim, S.Sos menyampaikan bahwa LDII merupakan salah satu Ormas Islam di Negara Indonesia yang organisasinya berjenjang, struktur kepengurusannya ada di tingkat pusat sampai ke daerah. Selama ini koordinasi kepengurusan LDII Kabupaten Nabire dengan Pemerintah sangat baik. Ini menunjukan kepengurusan Ormas Islam ini solid dan patuh terhadap peraturan Pemerintah.

Lebih lanjut La Halim menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pengurus LDII Nabire periode sebelumnya, semoga amal bakti selama bertugas menjadi pahala disisi Allah SWT, dan untuk pengurus DPD LDII Kabupaten Nabire periode 2020-2025 yg baru dilantik, La Halim memberi ucapan selamat bekerja dan berkarya untuk kemaslahatan umat terutama membentengi umat islam dari perkembangan teknologi yg negative di Kabupaten Nabire.

Keberadaan LDII di Kabupaten Nabire agar dapat selalu membantu Pemerintah Kabupaten untuk menjaga umat karena Nabire merupakan miniatur kecil dari Indonesia. Mari kita jaga toleransi umat beragama agar tetap terjaga keamanan dan kedamaian dan saya harap LDII Kabupaten Nabire ini tetap solid, selalu bersinergi dengan Pemerintah dan semua ormas. Kita tau bersama pilkada Nabire 2020 saat ini masih dalam proses di MK. Hasil kesepakatan bersama Forkopimda Nabire bersama Tokoh Masyarakan, tokoh adat, dan semua stakeholder saat rapat di Aula Sekretariat Daerah beberapa waktu lalu sepakat untuk menjaga keamanan Nabire. Mari kita mendukung hasil putusan MK dan juga mendukung program yang dibangun oleh Pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Nabire, ungkap La Halim.

La Halim juga melihat program delapan klaster LDII yg dipaparkan oleh Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Papua selaras dengan Program Pemerintah Kabupaten Nabire menuju Nabire Mandiri ,aman, sejahtera dan damai.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Nabire Muhammad Rizal, S.H.,M.H menyampaikan ucapan selamat kepada para pengurus DPD LDII Kabupaten Nabire yang baru dan semoga bisa berkontribusi untuk Nabire. Ia menilai LDII adalah ormas keagamaan yang profesional dan sangat dekat dengan pemerintah.

Kegiatan Pengukuhan diakhiri dengan penandatanganan deklarasi damai LDII bersama Forkopimda dan stakeholder terkait menolak Terorisme dan Faham Radikalisme di Kabupaten Nabire, selanjutnya ditutup dengan doa oleh Ketua Baznas Kabupaten Nabire H. Soleman Letsoin, BA pukul 11.30 WIT.(Ar)

News Feed