MIORI Menggapai Mimpi

Kediri ( SemeruSatu.Com )—Poltekkes Kemenkes Malang Kampus IV Prodi Kebidanan Kediri mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Program Pengembangan Kewirausahaan berupa Pelatihan Postpartum Massage And Spa bagi para alumni yang ingin mengembangkan diri dibidang Kewirausahaan Kebidanan.

Peranan oleh tenaga medis, khususnya bidan sebagai pendamping wanita sangatlah diperlukan, bukan hanya dalam menangani kondisi klinis, melainkan membangun kepercayaan ibu dan membantu menghadapi depresi pasca melahirkan. Kondisi ini dapat dilakukan dengan pemberian postnatal massage. Tindakan tersebut dapat merelaksasi ketegangan dan mengatasi keletihan pasca melahirkan yang dapat memicu subinvolusi dan kegagalan laktasi. Postnatal Massage merupakan metode relaksasi bagi ibu nifas.

Pijat setelah melahirkan, dapat meredakan nyeri, membantu ibu nifas menjadi lebih relaks, mendukung usaha menyusui dan beberapa manfaat kesehatan lainnya. Pijat mampu membantu meningkatkan keseimbangan hormon pasca melahirkan. Sementara kadar hormon prolaktin dan oksitosin meningkat untuk memperlancar produksi ASI.

Langkah itu dilakukan oleh Tim Dosen Poltekkes Kemenkes Malang Kampus IV Prodi Kebidanan Kediri sesuai dengan visi Kampus IV Prodi Kebidanan Kediri yaitu “Menghasilkan Lulusan Bidan Yang Beradab, Unggul Dalam Entreprenuership Dan Berdaya Saing Global”.
Ketua Panitia pelaksana kegiatan Rahajeng Siti Nur Rahmawati mengungkapkan, Kami mengharapkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penerapan Visi Kampus dengan mampu memberikan kemampuan tambahan bagi para Alumni untuk bisa berdaya saing di era global.

“Sangatlah berarti jika kita memberikan peluang dan ikut membantu alumni yang tetap konsisten pada profesi, yang ingin dan sedang merintis usaha guna mendukung ataupun memberikan pelatihan secara langsung “Postpartum Massage” serta melakukan pendampingan hingga alumni mampu berwirausaha secara mandiri bahkan mampu membuka lowongan pekerjaan untuk mitra seprofesinya”.

Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Lotus Garden Kota Kediri dan bekerjasama dengan trainer Indonesia Holistic Care Association dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan.(Ra)