Pelatihaan Pengelolaan Arsip Desa dan Keluarga Berbasis Kearifan Lokal

Nganjuk ( SemeruSatu.Com )–Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Dosen dari Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Universitas melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Loceret Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.

 

Pengabdian kepada Masyarakat ini berupa Pelatihaan Pengelolaan Arsip Desa dan Keluarga, tema dari kegiatan ini adalah Pelatihan Pengelolaan Arsip Desa dan Keluarga berbasis kearifan lokal. Acara ini merupakan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diadakan di beberapa kabupaten di Jawa Timur.


Menurut Yunus Abdul Halim, SSi, M.Kom selaku ketua pelaksana pengabdian masyarakat, bahwa arsip merupakan sesuatu yang sangat penting baik untuk kepentingan keluarga dan maupun desa. Arsip keluarga yang berupa sertifikat tanah, ijazah, KTP dan arsip penting lainnya merupakan asset yang sangat penting dan perlu disimpan dengan benar supaya tidak rusak atau hilang.

Demikian juga arsip desa yang dapat berupa data pemerintah desa, data batas dan wilayah desa dan lainnya.

Kepala Desa Loceret, Witri Januarista, S.Pt., MAgr. memberikan sambutan yang antusias dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya pelatihan ini.

Merupakan suatu kehormatan bagi desa kami sehingga diberi kesempatan untuk menimba ilmu dari Universitas Airlangga, kata Witri. Harapan ke depan semoga perserta mampu menyerap ilmu yang diberikan oleh pakarnya. Tidak hanya tahun ini saja, semoga juga acara pelatihan sejenis tahun-tahun ke depan.

Terlihat perserta antusias sekali mengikuti acara pelatihan yang diberikan narasumber. Jumlah peserta pelatihan yang dating sekitar 37 orang yang terdiri dari perangkat desa, muslimat, dan tokoh masyarakat lainny. Mereka mengikuti acara dari awal hingga akhir pelatihan.

Tentunya, banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta mulai dari penggunaan kertas yang awet dan cara peyimpanan yang benar suoaya tidak rusak. Materi preservasi arsip merupakan pengetahuan yang sangat diminati untuk pelatihan ini.(Im)