Peningkatan Literasi Masyarakat melalui layanan yang Berbasis Inklusi Sosial untuk Kesejahteraan Masyarakat

Gresik ( SemeruSatu.Com )—Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga sedang berada di pendopo Balai Desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik.

Kami datang disini Dalam rangka mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik, Wakil Sekretaris Desa Suci, serta perwakilan dari beberapa kepala perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Gresik.

Acara ini diadakan dimaksudkan sebagai bagian dari kegiatan Tri Dharma Pendidikan perguruan tinggi dari Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

Sebagai bentuk tanggapan atas fenomena masyarakat yang terus berubah dengan adanya perkembangan teknologi khususnya media sosial.

Acara ini dilakukan dengan tujuan mensosialisasikan terkait peningkatan literasi masyarakat melalui layanan yang berbasis inklusi sosial untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gresik untuk mewujudkan masyarakat Gresik yang literat menghadapi perubahan masyarakat dan perkembangan teknologi.

Ada beberapa hal terkait perpustakaan desa yang tentunya perlu adanya pengembangan. Misalnya pada koleksinya, seperti yang diketahui masih banyak perpustakaan desa yang jumlah koleksinya terbatas.

Kemudian pada sumberdaya manusia yang mengelola, di perpustakaan desa biasanya yang mengelola bukan dari pustakawan professional tetapi dari masyarakat yang dengan sukarela untuk mengelolanya. Hal ini dilakukan dengan maksud agar perpustakaan tetap memiliki inovasi dalam melayankan koleksi terbatas yang dimiliki perpustakaan desa serta dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

Ada beberapa hal lain yang dilakukan Tim Pengabdian Masyarakat di desa Suci Manyar Gresik yakni disamping mensosialisasikan peningkatan literasi. Kami memberi hibah berupa buku-buku yang terkait perkembangan masyarakat dengan harapan beberapa buku tersebut dapat menambah koleksi dari masing-masing perpustakaan desa.

Dan kami juga menghibahkan beberapa permainan edukasi sebagai media yang dapat membantu perkembangan literasi anak-anak sebagai sarana yang dapat memicu anak-anak tertarik untuk datang ke perpustakaan sehingga minat baca pada anak-anak dapat meningkat.(imy)