Prof. Dr. Bagong Suyanto Drs., M.Si. Dekan FISIP UNAIR : Perpustakaan Desa Adalah Jendela Dunia

Kediri ( SemeruSatu.Com ) — Departemen Informasi dan Perpustakaan FISIP Universitas Airlangga mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Pesing Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri.

Rupanya kegiatan ini merupakan lanjutan pengabdian masyarakat yang diadakan ditahun sebelumnya. Kegiatan kali ini diawali dengan acara sosialisasi yang dihadiri oleh dekan FISIP UNAIR, para dosen, mahasiswa, perangkat desa , pengelola perpustakaan dan warga sekitar.

Prof. Dr. Bagong Suyanto Drs., M.Si. selaku dekan FISIP UNAIR mengatakan “Perpustakaan desa adalah jendela dunia, meskipun secara geografis ada di desa, tetapi dengan adanya perpustakaan desa, masyarakat desa akan dapat melihat dunia dari perspektif lain dengan cara membaca”.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan kemampuan teknis pengelola perpustakaan. Mereka diajarkan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan peran perpustakaan desa. Selain itu, pengelola perpustakaan juga diajarkan bagaimana mengenal subyek, klasfikasi, katalogisasi, dan belajar menyeleksi koleksi perpustakaan yang sesuai. Selain untuk mempersiapkan tenaga pengelola perpustakaan yang mempunyai kemampuan dan keterampilan di bidang perpustakaan, mereka juga diajarkan strategi pengembangan perpustakaan, karena keberadaan perpustakaan desa diharapkan sebagai bagian integral dari upaya membangun masyarakat yang literat dan mampu memenuhi kebutuhan dan tuntutan para penggunanya.

Menurut Kepala Desa Pesing, Oktotina Mayline Aryanti Hidayat, SE, “Perpusakaan desa Pesing sangat membantu masyarakat dalam mencari referensi dan menambah ilmu”. Harapannya, perpustakaan ini tidak hanya untuk desa pesing saja, tetapi dapat dimanfaatkan untuk desa-desa di sekitarnya.

Melalui kerjasama dari Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan Unair dan kepala Desa Pesing diharapkan mampu membawa Perpustakaan Desa Pesing menjadi lebih baik dan berkembang menuju perpustakaan model untuk tingkat kabupaten Kediri bahkan ke tingkat lebih tinggi.(01)