Jelang Nataru, Mas Dhito Sidak Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional dan Nilai Harga Cenderung Stabil

Kediri ( SemeruSatu.Com )— Menjelang Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melakukan pantauan harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional, Selasa (21/12/2021). Pantauan itu memastikan harga bahan pokok tidak mengalami lonjakan yang signifikan.

Bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu, dalam melakukan pantauan harga didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan Tutik Purwaningsih. Dari pantauan itu, harga komoditi cabe sedikit ada kenaikan.

“Harga-harga relatif stabil. Cabe sedikit ada kenaikan tapi diluar itu tidak ada hal yang krusial,” kata Mas Dhito.

Sedang, untuk stok kebutuhan pangan menurut Mas Dhito, berdasarkan pantauan aman. Pihaknya pun meminta masyarakat tidak khawatir dan dihimbau untuk tidak melakukan pembelian secara besar-besaran.

“Stok pangan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2022 dipastikan aman,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, harga per satuan kilogram pada Selasa 21 Desember 2021 cabe rawit Rp 85 ribu, cabe merah Rp23 ribu, cabe keriting Rp35 ribu. Untuk beras medium Rp9.500, beras murah Rp8.500, dan beras premium Rp10.200.

Kemudian bawang merah harga Rp19 ribu, bawang putih (kating) Rp25 ribu, dan bawang putih (honan) Rp23 ribu. Sedang, untuk harga daging ayam ras Rp31 ribu, dan daging sapi Rp105 ribu.

Harga bahan pangan di Pasar Wates itu pun beberapa terdapat perbedaan dengan pasar lain. Seperti Pasar Kandangan untuk komoditas cabe merah Rp20 ribu dan cabe rawit Rp 80 ribu. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan Tutik Purwaningsih pun mengakui hal itu.

“Ada selisih harga, karena di Kandangan dekat dengan pasar induk (Pare),” ucap Tutik.(*/sis_78)