by

Mas Dhito Apresiasi UMKM Karya Penyandang Disabilitas

Kediri ( SemeruSatu.Com )—Pameran produk dalam acara launcing Gerai Rumah Inkubasi UMKM di Kecamatan Pare, Rabu (22/12/2021) diikuti puluhan pelaku usaha di Kabupaten Kediri. Mas Dhito pun tertarik dengan produk-produk hasil kerajinan penyandang disabilitas.

Sudah menjadi bagian setelah meresmikan Gerai Rumah Inkubasi UMKM, orang nomor satu di Kabupaten Kediri itu mengunjungi satu persatu stand UMKM. Tak hanya berinteraksi menanyakan produk, Mas Dhito selalu membeli produk yang dipamerkan.
Berbeda dengan stand UMKM lainnya, saat mengunjungi stand UMKM produk anak Sekolah Luar Biasa (SLB) Mas Dhito ikut mencoba membuat kerajinan vas bunga yang berbahan serabut kelapa. Mas Dhito pun duduk di samping dua anak penyandang disabilitas sambil memasukkan serabut kelapa dalam cetakan.

Setelah ikut menjajal membuat vas bunga produk UMKM penyandang disabilitas termasuk anak-anak SLB itu, Mas Dhito membeli produk mereka. Merasa senang dengan kepedulian Mas Dhito, dua anak penyandang tuna wicara mengucapkan terimakasih.

“Terimakasih Mas Dhito,” kata kedua anak itu dengan bahasa isyarat.

Sebelum meninggalkan stand UMKM dari penyandang disabilitas, Mas Dhito pun mengajak anak-anak dari SLB itu untuk foto bersama. Mereka terlihat nampak senang, bisa berfoto dengan orang nomor satu di Kabupaten Kediri yang mengapresiasi produk buatannya.

Keterlibatan anak-anak SLB dalam pameran di acara launcing Gerai Rumah Inkubasi UMKM itu bukan kali pertama. Sebelumnya, dalam acara launcing di Kecamatan Papar juga diikuti UMKM penyandang disabilitas termasuk anak SLB.

“Dua kali kunjungan saya, bahwa ketetlibatan teman teman SLB ternyata cukup signifikan. Tidak menutup kemungkinan UMKM kita nanti dibantu dari teman disabilitas,” kata Mas Dhito.

Tentu dengan apresiasi dan perhatian yang diberikan Bupati Kediri itu menjadi motivasi bagi penyandang disabilitas termasuk dari anak-anak SLB dan tenaga pendidik mereka. Kegiatan pameran dalam event-event yang diadakan pemerintah daerah dinilai sangat membantu menunjukkan produk mereka kepada publik.

Slamet Hariyono, tenaga pendidik anak-anak SLB yang mendampingi acara pameran itu mengaku bangga dan senang atas suport positif bupati. Dia bersama tenaga pendidik lainnya pun sangat berharap, anak-anak penyandang disabilitas dapat termotivasi, fan ke depan bisa memiliki lapangan pekerjaan sendiri.

“Beliau (Mas Dhito) sangat mendukung UMKM dari SLB, itu menjadi motivasi bagi kami untuk ikut memamerkan produk anak SLB,” akunya.(*/sis_78)

News Feed