Sampaikan Program MesRa, Ridwan Kamil Saat Sowan ke Kyai Sepuh di Ponpes Lirboyo

Kediri ( semerusatu.com )– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil sampaikan Program MesRa saat melakukan kunjungan dan bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Kamis (20/01/2022).

Kedatangan Ridwan Kamil ke Lirboyo diterima oleh para pengasuh Ponpes Lirboyo. Di antaranya KH Anwar Mansyur, KH Kafabihi Mahrus dan KH An’im Falahudin Mahrus.

Di depan Kyai Sepuh Ponpes Lirboyo, Ridwan Kamil berdiskusi dengan para kiai tentang pengembangan pesantren di Jawa Barat. Menurutnya, sistem pembelajaran santri di Jawa Barat telah menggunakan digital, termasuk Kitab Kuning digital.

“Di Jawa Barat jumlah pesantrennya lebih besar dari pada Jawa Timur. Namun jumlah santri Jawa timur lebih besar. Kebetulan 10 persen santri Pondok Pesantren Lirboyo ini dari Jawa Barat. Kami titip mereka belajar di sini,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan, ingin menyambung silaturahmi dan meminta doa agar di Jawa Barat lebih baik lagi, dimana di Jabar banyak pondok pesantren tapi santrinya sedikit, santrinya lebih banyak di Ponpes di Jatim. Ada sekitar 10 persen santri yang belajar di Ponpes Lirboyo berasal di Jawa Barat.

“Program pesantren dengan satu pesantren satu produk dan program mengaji anak anak.

Ada juga Program meluncurkan Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra), program pinjaman tanpa bunga dan agunan yang bisa diperoleh di masjid, gereja, pura, wihara hingga kelenteng.”tambah Ridwan Kamil.

Sementara itu, KH Abdullah Kafabihi Mahrus Pengasuh Ponpes Lirboyo mengatakan bahwa Kang Emil mendatangi Ponpes Lirboyo dengan maksud untuk silaturahmi dengan para kiai dan santri serta alumni Lirboyo banyak yang berasal dari Jawa Barat.

“Tadi Pak Ridwan Kamil juga meminta doa para ulama, agar Ridwan Kamil dalam mengembangkan tugas di Jawa Barat bisa membawa masyarakat lebih sejahtera.”ujar KH Kafabihi Mahrus, pengasuh Ponpes Lirboyo.

Kang Emil sempat bertatap muka langsung dengan perwakilan beberapa santri asal Jawa Barat dan foto bersama sekaligus Kang Emil berpesan kepada santri asal Jawa Barat, yaitu dimana bumi di pijak disitu langit dijunjung, belajar yang rajin dan jangan lupa minta doa orang tua dan jaga nama baik Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil menyerahkan bantuan senilai Rp100 juta kepada Pondok Pesantren Lirboyo.

Sebelum meninggalkan tempat, dia mendapat bingkisan dari KH Anwar Manshur berupa Buku Fikih Kebangsaan.(*/sis_78)