Mahasiswa Indonesia Rayakan Hari Kemerdekaan di Rusia

Rusia ( semerusatu.com )—Dalam rangka memperingati dan merayakan HUT RI ke-77, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow Rusia mengadakan sejumlah rangkaian kegiatan, yaitu Upacara Bendera, Konser, dan Perlombaan yang diikuti oleh masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Rusia.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Faiz Arsyad. Faiz Arsyad adalah mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang menjalani pendidikan Master (S2) di HSE University Rusia.

“Alhamdulillah saya berkesempatan menjadi representasi perayaan Kemerdekaan Indonesia hari ini di KBRI Rusia. Bangga dan senang pastinya. Walaupun saat ini badan saya jauh dari tanah Indonesia, namun jiwa dan pemikiran harus tetap Indonesia.” Ujar Faiz.

Tahun ini, Upacara Bendera dilaksanakan di Lapangan KBRI Moskow, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Yang Mulia Bapak Jose Antonio Morato Tavares selaku Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus.

Dalam pidatonya, Yang Mulia Bapak Jose Antonio Morato Tavares selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus menyampaikan sejumlah hal, antara lain perkembangan situasi keamanan dunia, dampak ekonomi ke beberapa negara berkembang, dan ketahanan pangan global.

Di kesempatan lain, Faiz yang juga Founder Gerakan Pemuda Indonesia menambahkan, dengan euforia yang berbeda dari tahun sebelumnya, mengikuti perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di luar negeri membuatnya menjadi bisa melihat Indonesia secara utuh. Melihat Indonesia dari jauh membuatnya sadar, bahwa Indonesia akan tetap menjadi rumah terbaik untuk kembali dan mengabdi.

“Semoga momentum kemerdekaan yang hari ini kita rayakan bersama menjadi bukti nasionalisme dan kecintaan kita pada Indonesia. Mari jaga terus persatuan, jaya selalu Indonesiaku!” Tambah Faiz.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, perayaan Hari Kemerdekaan RI di Rusia ditutup dengan konser yang dimeriahkan oleh Rara dan Hari LIDA Indosiar di Taman Hermitage, Moskow Rusia. Acara tersebut disaksikan oleh ratusan Warga Rusia dan Indonesia.(Arst)