Postpartum Massage and Spa Entrepreneurship, Mengantar MIORI Menggapai Mimpi Tahap II

Kediri  ( semerusatu.com )—-Poltekkes Kemenkes Malang Kampus IV Prodi Kebidanan Kediri mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Program Pengembangan Kewirausahaan berupa Pelatihan Postpartum Massage And Spa bagi para alumni yang ingin mengembangkan diri dibidang Kewirausahaan Kebidanan.

Peranan oleh tenaga medis, khususnya bidan sebagai pendamping wanita sangatlah diperlukan, bukan hanya dalam menangani kondisi klinis, melainkan membangun kepercayaan ibu dan membantu mencegah depresi pasca melahirkan. Kondisi ini dapat dilakukan dengan pemberian postnatal massage.

Tindakan tersebut dapat merelaksasi ketegangan dan mengatasi keletihan pasca melahirkan yang dapat memicu subinvolusi dan kegagalan laktasi. Postnatal Massage dan Lactation Massage merupakan metode relaksasi bagi ibu nifas. Pijat setelah melahirkan, dapat meredakan nyeri, membantu ibu nifas menjadi lebih relaks, bugar dan beberapa manfaat kesehatan lainnya. Pijat mampu membantu meningkatkan keseimbangan hormon pasca melahirkan.

Sementara kadar hormon prolaktin dan oksitosin meningkat untuk memperlancar produksi ASI.
Langkah itu dilakukan oleh Tim Dosen Poltekkes Kemenkes Malang Kampus IV Prodi Kebidanan Kediri sesuai dengan visi Kampus IV Prodi Kebidanan Kediri yaitu “Menghasilkan Lulusan Bidan Yang Beradab, Unggul Dalam Entreprenuership Dan Berdaya Saing Global”.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan Rahajeng Siti Nur Rahmawati mengungkapkan, Kami mengharapkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penerapan Visi Kampus dengan mampu memberikan kemampuan tambahan bagi para alumni yaitu kewirausahaan dibidang kebidanan sehingga mempunyai daya saing di era global.

“Sangatlah berarti jika kita memberikan peluang dan ikut membantu alumni yang tetap konsisten pada profesi, yang ingin dan sedang merintis usaha guna mendukung ataupun memberikan pelatihan secara langsung “Postpartum Massage” serta melakukan pendampingan hingga alumni mampu berwirausaha secara mandiri bahkan mampu membuka lowongan pekerjaan untuk mitra seprofesinya. Dan kegiatan seperti ini sudah dilaksanakan untuk kali yang kedua, pertama dilaksanakan pada tahun 2021″. Kegiatan ini diselenggarakan pada 29- 31 Agustus 2022 di Laboratorium Kewirausahaan Polkesma Kampus IV Kebidanan Kediri dan bekerjasama dengan Golden Hand Academy untuk materi digital marketing.

Diawali dengan pretest guna mengukur seberapa besar pemahaman peserta pelatihan mengenai Mom Massage and Spa serta pemahaman tentang promosi usaha terutama di bidang digital marketing. Setelah dilakukan pretest dilanjutkan dengan pemberian materi oleh pihak Tim Dosen Pengabdian Masyarakat Kampus IV Kebidanan Kediri.

Materi pada sesi pertama adalah refresing post partum massage secara bergantian antara peserta satu dengan yang lain didampingi oleh Tim Dosen Pengabmas sebagai Fasilitator.

Tiap peserta secara bergantian melakukan pijat post partum, mulai dari pijat dibagian kaki, punggung, tangan dan muka.

Pada Sesi ke 2, pemaparan materi Digital Marketing oleh Narasumber pakar digital Marketing yaitu Ibu Maulina Golden Hand, SPd.,SSc.,M.BioTech,. Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan kegiatan diskusi dan tanya jawab serta praktik survey dan pemasaran secara digital, diplatform Google, Instagram serta marketplace dengan menggunakan gadget yang dimiliki.

Sesi ke 3 dilaksanakan pemaparan perawatan payudara dan pijat laktasi yang diberikan oleh Tim Dosen Pengabmas yaitu Ibu Rahajeng Siti Nur Rahmawati, SST, M.Keb., Ibu Indah Rahmaningtyas, SKp.,M.Kes., dan Ibu Ira Titisari SSiT,M.Kes. Ketrampilan pijat payudara yang diajarkan meliputi membersihkan putting, areola dan badan payudara, perawatan putting susu tenggelam, putting susu lecet, bendungan payudara dan cara memerah ASI dengan Teknik Marmet. Selanjutnya dilakukan Latihan pijat oksitosin yang bertujuan untuk merangsang produksi ASI lebih lancar.
Pada hari berikutnya masih di Laboratorium Kewirausahaan, dilaksanakan Praktik PostPartum dan Laktation Massage dengan menggunakan alat bantu berupa panthom orang dewasa atau antar teman (Optional). Peserta diwajibkan memberikan pemijatan kepada ibu nifas (model pasien dengan sesama peserta) sesuai dengan materi yang sudah diberikan dan membuat rancangan promosi dengan digital marketing.

Kegiatan Pelatihan Post Partum Massage and Spa (Miori Menggapai Mimpi) hari ke 3 dilaksanakan kegiatan field trip ke usaha moms and baby massage and spa, yaitu ke Graninda yang beralamat di Kelurahan Lirboyo dan Gayatri di Kelurahan Campurejo. Peserta dikedua tempat tersebut mendapatkan informasi tentang usaha moms and baby massage spa mulai dari sarana prasarana, pengelolaan manajemen, strategi pemasaran yang dilaksanakan untuk menggaet konsumen. Peserta juga mendapatkan kesempatan room tour seluruh ruangan moms and baby massage spa, sehingga peserta mendapatkan gambaran yang utuh mulai pelayanan pertama yang diberikan kepada konsumen sejak awal masuk ruang terima sampai di ruangan tempat pelayanan.

Mifta salah satu peserta pelatihan menuturkan,

”Senang sekali mengikuti kegiatan ini, selain menambah ketrampilan pijat pada ibu nifas dan menyusui, saya juga mendapatkan ilmu baru tentang digital marketing, yang saya rasa sangat penting untuk promosi usaha saya nanti. Inilah kenapa kami selalu bangga menjadi lulusan Polkesma Kebidanan Kediri, kita dapat nilai plus, lulus kuliah nanti bisa mengembangkan kewirausahaan dibidang kebidanan”.(*)