Sukseskan REGSOSEK 2022, BPS Kota Kediri Rangkul Ketua RT

Kediri ( semerusatu.com )—Jelang pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) tahun 2022, Pemerintah Kota Kediri bersama Badan Pusat Statistik (BPS) getol lakukan persiapan. Salah satunya dengan melibatkan ketua RT di Kota Kediri. Sebagaimana yang terlaksana di balai kelurahan Lirboyo, 28 RT berkumpul guna mendapatkan pengarahan, Rabu, (12/10).

“Pengarahan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara kami dengan para ketua RT di Kota Kediri terkait pendataan awal REGSOSEK”,terang Lilik Wibawati, Kepala BPS Kota Kediri.

Disamping menjelaskan secara gamblang menyoal apa itu REGSOSEK, tujuannya, tahapan-tahapan pendataan awal, hingga ruang lingkup pendataan awal REGSOSEK tersebut.

Selain itu, disampaikan pula tugas dan peran dari masing-masing ketua RT yang diharapkan mampu menyukseskan pendataan awal REGSOSEK 2022 ini. Tugas dan peran tersebut meliputi menyebarluaskan informasi terkait pendataan awal Regsosek di berbagai kesempatan dan media; menerima dan membantu petugas pendataan lapangan (PPL) dari BPS dalam melakukan verifikasi keberadaan penduduk/keluarga serta mengidentifikasi tingkat kesejahteraannya; dan mengajak masyarakat untuk menerima kedatangan petugas pendataan serta membantu memberikan informasi yang sebenar-benarnya.

“Dukungan dan peran serta masyarakat terutama ketua RT ini mampu mengoptimalkan jalannya pendataan awal REGSOSEK. Sebab, ketua RT inilah yang lebih tahu lingkungannya seperti apa dan kondisi masyarakat setempat bagaimana”, tutur Lilik.

Sementara itu, Danang Wahyono, lurah Lirboyo mengimbau kepada seluruh ketua RT untuk dapat berperan serta dan aktif dalam proses pendataan ini. “Nanti kami harap jika ada petugas yang datang ke lingkungan RT untuk melakukan pendataan bisa dibantu diarahkan, sehingga proses pendataan dapat berjalan dengan baik”,tuturnya kepada para ketua RT.

Sedangkan, Bambang Koeswandaru, koordinator RT di wilayah kelurahan Lirboyo menyambut baik pelaksanaan pendataan awal REGSOSEK 2022 ini. Menurutnya, memang perlu sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk memperoleh data yang valid sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan.

“Kami para ketua RT sangat merespon positif upaya ini. Kami berharap dengan sinergi yang baik ini dapat menghasilkan data yang tepat dan benar. Sehingga dalam penentuan arah kebijakan pemerintah pusat dan daerah dapat relevan dengan kondisi yang ada”, terang pria yang juga menjabat sebagai ketua RT 1 RW 7.

Sebagai informasi, pengarahan ketua RT ini akan dilaksanakan di seluruh kelurahan di Kota Kediri dan ditargetkan rampung pada tanggal 21 Oktober 2022 mendatang. Sementara, pelaksanaan pendataan awal REGSOSEK 2022 akan dimulai pada tanggal 15 Oktober hingga 14 November 2022.(*)