by

Angkat Tema “PUSPAWARNI TOPENG PANJI TANAH JAWI”PT.Gudang Garam Tbk. Meriahkan Surabaya Vaganza 2023

Kediri ( SemeruSatu.Com )—PT Gudang Garam Tbk. turut ambil bagian dalam Parade Bunga dan Budaya atau Surabaya Vaganza 2023, Sabtu (27/5/2023). Mengusung tema ‘PUSPAWARNI TOPENG PANJI TANAH JAWI’, kontingen PT Gudang Garam Tbk. bakal menjadi primadona dalam kemeriahan Hari Jadi Kota Surabaya ke-730.

Tema tersebut dipilih untuk mengeksplore kekayaan Budaya Jawa yang sarat makna, sekaligus menyesuaikan konsep Surabaya Vaganza tahun 2023 yang mengambil tema Puspawarni Indonesia (aneka ragam jenis bunga dan budaya Indonesia).

“Puspawarni Topeng Panji Tanah Jawi menampilkan keanekaragaman warna warni dan jenis bunga yang kita padukan dengan warisan leluhur, yaitu topeng panji dengan khatulistiwa kejayaan, kemegahan, kewibawaan dan kepribadian welas asih, juga keperkasaan Raja Kediri dengan sifat mengayomi untuk rakyatnya,” terang Kabid Humas PT Gudang Garam Tbk. Iwhan Tricahyono.

Sebagaimana diketahui karakter topeng Panji Jawa menggambarkan pribadi yang baik, berwibawa, dan bijak. Cerita Panji sendiri mengisahkan romansa Raden Inu Kertapati dalam mencari cinta sejati.

Pengembaraan pangeran dari Kerajaan Jenggala itu membuahkan jalinan asmara dengan putri dari empat kerajaan, salah satunya Dewi Sekartaji atau Dewi Galuh Candra Kirana dari Kerajaan Jawa. Alhasil buah perkawinan mereka melahirkan sejumlah kerajaan megah yang memberikan kejayaan dan kemuliaan kepada rakyatnya.

Sebuah cita-cita luhur yang mengilhami perusahaan rokok terbesar PT. Gudang Garam Tbk. untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Melalui varian produk yang mengutamakan rasa, PT. Gudang Garam Tbk. selalu berusaha memberi yang terbaik dengan mengedepankan unsur sosial dan kebudayaan.

Untuk menggambarkan kemegahan Kerajaan Jawa, kontingen PT Gudang Garam Tbk. mendesain formasi sedemikian rupa dan memasukkan unsur kerajaan secara utuh.

Barisan terdepan dipimpin 12 peraga topeng Panji yang diikuti Raja. Di belakangnya berjalan 2 orang pengawal dan 2 punggawa. Menyusul 6 kleting serta 8 pangeran sebagai penutup barisan.

Formasi tersebut membuka penampilan mobil hias yang didesain laksana Singgasana Kerajaan yang megah, dengan seorang ratu cantik jelita di atasnya. Sejumlah topeng Panji berukuran besar menghiasi singgasana sebagai identitas Kediri.

Seperti tahun sebelumnya, kontingen mobil hias PT Gudang Garam Tbk. paling dinanti pengunjung parade. Penampilan PT Gudang Garam Tbk. selalu menjadi pusat perhatian dengan segala kemegahan dan kekayaan nilai budaya yang dieksplore.(*)

News Feed