Dapat Aduan Jalan Rusak, Mas Dhito Pastikan Perbaikan Jalan di Kecamatan Banyakan

Kediri ( semerusatu.com )— Bupati Hanindhito Himawan Pramana mengistruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kediri untuk memperbaiki akses jalan yang rusak di Kecamatan Banyakan.

Hal itu menindaklanjuti banyaknya keluhan warga terkait kerusakan akses jalan dalam acara Jumat Ngopi yang digelar di Pendopo Kecamatan Banyakan, 28 Januari 2022. Setidaknya ada perwakilan warga dan perangkat dari lima desa yang melaporkan kerusakan jalan, yakni dari Desa Sendang, Manyaran, Tiron, Ngablak dan Jatirejo.

Sebagaimana disampaikan Sukoeri, Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Desa Sendang. Diungkapkan, di desanya jalan sepanjang 1500 meter dengan lebar tiga meter tepatnya di RT 33, RT 53, dan RT 42 sudah mengalami kerusakan parah.

“Sudah ada 12 tahun, belum pernah terjamah bantuan dari pemerintah. Jalannya aspal tapi semua sudah mbledos,” katanya.

Diakui pada pertengahan tahun 2021 lalu kondisi jalan yang rusak itu sudah dilakukan pengecekan oleh Dinas PUPR Kabupaten Kediri. Kedatangannya dalam acara Jumat Ngopi itu, untuk mempertanyakan perkembangan hasil pengecekan jalan itu.

“Kami minta untuk segera diperbaiki, direalisasi,” ucapnya.

Menanggapi persoalan kerusakan jalan itu, bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu menyampaikan, kerusakan jalan itu dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya jalan yang ada di Kecamatan Banyakan mayoritas dilalui oleh truk dengan tonase yang cukup besar. Apalagi dengan adanya pengerjaan proyek bandara.

“Pemerintah Kabupaten memang tadi sudah diskusi juga dengan lurah-lurah se Kecamatan Banyakan, jalan mana saja yang akan diprioritaskan kita akan perbaiki. Karena jangan sampai bandara sudah jadi, tapi jalannya masih belum layak,” tuturnya.

Kemudian, jalan di Desa Sendang dan desa lainnya yang dikeluhkan mengalami kerusakan itu, Mas Dhito meminta menjadi catatan Dinas PUPR untuk segera ditangani. Sebagaimana dalam acara itu, usai mendengar keluhan Sukoeri hang mengeluhkan jalan didesanya sudah belasan tahun belum ada perbaikan untuk segera diperbaiki.

“Bagi dinas PUPR dicatat. Apakah betul tahun 2022 benar direalisasikan. Kalau PUPR sudah janji kami minta tepati janjinya, tolong 1500 meter itu diperbaiki,” tegasnya.

Selain itu, untuk akses jalan di depan Kantor Kecamatan Banyakan yang juga dikeluhkan mengalami kerusakan diakui Mas Dhito tahun 2022 ini akan segera dilakukan perbaikan. Termasuk akses jalan menuju ke air Terjun Ngleyangan yang akan dibuka.

“Jadi intinya akan ada perbaikan (untuk kerusakan jalan),” pungkasnya.(*/sis_78)