Lawan Omicron, Dinas Kesehatan Kota Kediri Telah Suntikkan Lima Ribu Lebih Dosis Vaksin Booster

Kediri ( semerusatu.com )—Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kesehatan tengah gencar melangsungkan program vaksinasi dosis III (vaksinasi booster) di seluruh rumah sakit se-Kota Kediri. Sebanyak 5.721 dosis vaksin booster telah disuntikkan kepada masyarakat. Jenis vaksin yang diberikan kepada masyarakat yakni Moderna dan AstraZeneca.

Menurut dr. Fauzan Adima, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri tidak ada prioritas khusus untuk sasaran vaksinasi booster tersebut. Menurut dr. Fauzan, semua warga mempunyai hak yang sama dalam mendapatkan vaksin. “Yang penting memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah, yakni berusia 18 tahun ke atas, dan minimal berjarak 6 bulan dari vaksin kedua yang telah diterimanya,” ujarnya.

Pemerintah berharap program pelaksanaan vaksin booster diharapkan bisa membantu mengurangi pertambahan jumlah kasus Covid-19 khususnya di Kota Kediri. Sebab, tak bisa dipungkiri bahwa angka kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia sebulan terakhir cenderung mengalami peningkatan, terlebih setelah munculnya varian Omicron. Oleh karena itu, pemerintah terus menggencarkan pelaksanaan program vaksin gratis, termasuk vaksin booster lanjutan ini.

Dinas Kesehatan Kota Kediri telah menjadwalkan kegiatan vaksinasi booster pekan ini diseluruh rumah sakit di Kota Kediri, berikut jadwal kegiatan pelaksanaan vaksinasi booster di Kota Kediri pekan ini : RSUD Gambiran (Selasa, Rabu, Kamis, kuota 300 dosis per hari), RSUD Kilisuci (Senin s.d. Jumat, pukul 7.30 s.d. 11.00, kuota 100 per hari), RS Muhammadiyah Ahmad Dahlan (Rabu, Kamis, Jumat, kuota 165 per hari), RSU Daha Husada (Kamis, Jumat, kuota 100 per hari), RS Baptis (Selasa s.d. Sabtu, kuota 200 per hari, RS DKT (Senin s.d. Jumat, kuota 200 per hari), RS Bhayangkara (Selasa dan Kamis, kuota 100 per hari), RSU Lirboyo (Senin, Rabu, Jumat, kuota 100 per hari), serta RSGM IIK Bhakti Wiyata (Selasa dan Kamis, kuota 100 per hari). Dan untuk informasi pendaftaran vaksinasi booster bisa dilihat pada laman instagram masing-masing rumah sakit.

Sebelum melakukan penyuntikan, petugas terlebih dahulu melakukan Skrening/pengecekan kesehatan penerima vaksin, baik melalui wawancara serta pemeriksaan untuk mengetahui tekanan darah dan status kesehatan.

Guna mencapai target vaksinasi dosis III, Dinas Kesehatan Kota Kediri telah menyusun beragam strategi, seperti sosialisasi. “Kita telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya Dinas Kominfo untuk penyebaran informasi,” ujar dr. Fauzan. Di samping itu, proses updating data juga perlu dilakukan guna mencegah ketimpangan data pusat dan data daerah. Bagi lansia, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi booster door to door agar dapat menyasar lansia yang mengalami kendala menuju lokasi vaksinasi.

“Kalau dosis III ini sudah menjadi pertimbangan pusat sebagai langkah antisipasi varian Omicron, maka kita akan memaksimalkan pelaksanaannya. Harapannya supaya semua masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis II segera disuntikkan dosis III untuk membuat herd immunity,” tandasnya.

Bagi masyarakat yang sampai saat ini masih belum Vaksin dosis 1 dan 2 tetap dihimbau untuk segera melakukan vaksinasi di puskesmas atau Rumah Sakit.(*/Rico)