by

Ajarkan Kodifikasi Pengetahuan Tacit ke Explicit kepada Janda dan Ibu-Ibu Pensiunan Desa Mojorejo

LAMONGAN,semerusatu.com—Departemen Informasi Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Mojorejo, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, Kamis (8/8/2022).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat kali ini mengangkat tema “Pelatihan Manajemen Pengetahuan Tacit dan Explicit untuk Meningkatkan Produktivitas pada Janda dan Ibu-ibu Pensiunan Desa Mojorejo Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan Jawa Timur”.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena penurunan produktivitas sebagian warga desa Mojorejo yang merupakan janda dan ibu-ibu pensiunan.

Di sisi lain, janda dan ibu-ibu pensiunan di Desa Mojorejo memiliki berbagai pengetahuan-pengetahuan tacit yang bermanfaat.

Pengetahuan-pengetahuan tacit yang dimiliki oleh warga ini penting untuk dikodifikasi menjadi pengetahuan explicit agar tetap lestari. Maka dari itu, Departemen Informasi Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa edukasi, pelatihan, dan pendampingan kodifikasi pengetahuan tacit ke pengetahuan explicit.

Setelah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini, janda dan ibu-ibu pensiunan di Desa Mojorejo menjadi lebih produktif serta memiliki kemampuan untuk mengkodifikasi pengetahuan tacit yang mereka miliki menjadi pengetahuan explicit dalam bentuk video yang diunggah ke media sosial seperti youtube, instagram, facebook, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, pengetahuan yang dimiliki oleh warga dapat lestari dan bermanfaat untuk masyarakat luas.(*)

News Feed