Bangkit dari Pandemi Covid-19, Ajang Pemuda Hits Wujudkan Indonesia Kuat

Kediri ( semerusatu.com )–Setelah sempat tertunda selama dua tahun akibat dampak Covid-19, KNPI Kota Kediri kembali mengelar ajang pemuda hits 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor KNPI Jalan Kawi 5b Kelurahan Mojoroto Kota Kota Kediri. Mengusung tema “Pemuda Bangkit Indonesia Kuat”.

Tercatat sebanyaknya 21 pemuda telah terdaftar sebagai peserta, kemudian melalui proses penyaringan ketat oleh panitia 6 orang berhak maju kedalam babak final untuk mempresentasikan hasil karyanya secara langsung kepada 3 dewan juri.
Dari ke Enam peserta, mereka akan dipilih pemenang juara 1,2 dan 3 untuk memperebutkan hadiah uang pembinaan, trophy serta sertifikat dari panitia pelaksana kegiatan KNPI Kota Kediri.

” kami dari KNPI ingin memberi apresiasi untuk teman-teman muda yang telah berjuang, bergerak memberdayakan lingkungannya. Even ini sudah ke-5 kalinya,” kata Ketua Pelaksana Syam All Anshory, Sabtu Malam (15/10/2022)

Menurut pria yang akrab disapa Bung Syam mengatakan, meski sempat terhenti sementara akibat adanya Covid-19, program kegiatan rutin KNPI bisa berjalan lagi.

Lanjut Ketua bidang pendidikan KNPI Kota Kediri menyampaikan, untuk dewan juri berasal dari internal KNPI, Perwakilan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, kalangan Akademisi dari Fakultas Ilmu Pendidikan Uniska.

Tujuan dari kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi untuk para pemuda yang telah berjuang, bergerak, memberdayakan lingkungannya. Kemudian, hasil pemenang lomba direncanakan untuk diumumkan pada momen sumpah pemuda 28 Oktober mendatang.

” Pemenang diumumkan pada peringatan hari Sumpah Pemuda, dimana peserta akan memperoleh hadiah berupa uang pembinaan, ada trofi, dan sertifikat,”ungkapnya.

Hal senada juga diutarakan Sekretaris DPD KNPI Kota Kediri, Suwoto, menuturkan, peserta yang mengikuti kompetisi pada umumnya berstatus sebagai mahasiswa, karang taruna dan pelajar.

Dimana, mereka yang dipilih sudah punya pengabdian, sudah berkarya langsung kepada masyarakat, sehingga selayaknya memperoleh apresiasi penghargaan sekaligus mendorong mereka untuk terus meningkatkan kreativitas.

” Kita berharap dengan adanya program ini, harapannya bisa menimbul energi-energi positif sehingga pemuda ini bisa lebih maju menyongsong masa depan lebih baik,” terangnya.

Menurut Suwoto pemilihan Pemuda Hits KNPI kota Kediri sendiri telah berlangsung sejak tahun 2016 lalu dan kini bisa terselenggara kembali usai melandainya kasus covid-19.

Usai memperoleh predikat sebagai juara baik 1-3 akan direkomendasikan ke Disbudpora Kota Kediri agar bisa mengikuti kompetisi yang lebih tinggi.

” Untuk lebih semangat lagi bisa berkomitmen berkompetisi di tingkat Jawa Timur untuk pemilihan Pemuda Pelopor,”pungkasnya.(*)